//

POLA ASUH ANAK USIADINI DALAM KELUARGA ORANG TUA TUNGGAL DI KECAMATAN KRUENG SABEE KABUPATEN ACEH JAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Shoumi Ramadhana - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Shoumi, Ramadhana. 2016. Pola Asuh Anak Usia Dini dalam Keluarga Orang Tua Tunggal di Kecamatan Krueng Sabee Kabupaten Aceh Jaya. Skipsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Prof. Dr. M. Yusuf Aziz, M.Pd., (2) Dr. Anizar Ahamad, M.Pd Kata Kunci: Pola asuh, anak usia dini, orang tua tunggal Keluarga merupakan unit terkecil dalam masyarakat yang terdiri dari ayah, ibu, anak-anak dan kerabat lainnya. Setiap orang pasti menginginkan keluarga yang utuh yang di dalamnya terdapat ayah, ibu dan anak. Namun terkadang apa yang seseorang inginkan tidak selalu dapat terwujud karena berbagai macam faktor seperti perceraian antara ayah dan i bu serta kematian, yang nantinya akan menuntut salah satu orang tua ayah atau ibu yang menjadi orang tua tunggal. Orang tua tunggal adalah keluarga yang memiliki satu orang tua, baik itu ayah maupun ibu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, pola asuh anak usia dini dalam keluarga orang tua tunggal di Kecamatan Krueng Sabee Kabupaten Aceh Jaya dan hambatan apa saja yang dihadapi orang tua tunggal dalam mendidik anak usia dini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian adalah 4 orang ibu sebagai orang tua tunggal di Desa Kabong, Datar Luas dan Ranto Panyang. Pemilihan subjek dengan teknik purposive sampling yang dilatar belakangi oleh faktor perceraian baik cerai hidup maupun cerai mati dan memiliki anak yang berusia 06 tahun. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pola asuh orang tua tunggal di Kecamatan Krueng Sabee Kabupaten Aceh Jaya, cenderung memakai pola asuh demokratis dalam mendidik anak, dikarenakan orang tua dengan anak saling bermusyawarah dan orang tua selalu lebih mengutamakan kepentingan anaknya. Selain pola asuh demokratis, ibu sebagai orang tua tunggal yang lainnya juga menggunakan pola asuh otoriter dan pola asuh appeasears. Hambatan yang dihadapi oleh ibu sebagai orang tua tunggal dalam mendidik anak usia dini seperti: masalah ekonomi, anak sering menanyakan tentang ayah dan hak asuh anak. Peneliti menyarankan agar orang tua tunggal memahami pola asuh yang baik dalam mendidik anak sehingga anak tidak merasa kehilangan figur orang tua karena status keluarga yang tidak lengkap sebagaimana keluarga yang utuh. Peneliti juga merekomendasikan untuk dilakukan penelitian lanjutan berkaitan dengan pola asuh yang diterapkan oleh orang tua tunggal dengan melibatkan jumlah responden penelitian yang lebih besar dan tempat penelitian yang bervariasi.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KETAHANAN PANGAN (TANAMAN PADI) PADA WILAYAH YANG TERKENA BANJIR DIKECAMATAN KRUENG SABEE KABUPATEN ACEH JAYA (Rika Fitri, 2017)

POLA ASUH ANAK KELUARGA PETANI (STUDI KASUS DI GAMPONG ULEE TANOH KECAMATAN TANAH PASIR KEBUPATEN ACEH UTARA) (ahmad muhajir, 2014)

EVALUASI KEMAMPUAN MENGGIRING BOLA DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA PADA SISWA PUTRA MIN DAYAH BARO KECAMATAN KRUENG SABEE KABUPATEN ACEH JAYA TAHUN PELAJARAN 2012/2013 (JAMALUDDIN, 2014)

HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN TEKNIK MENGHADAPI TEMPER TANTRUM PADA ANAK TODDLER DI GAMPONG TUNGKOP KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR TAHUN 2014 (Linda Kusuma, 2014)

HUBUNGAN POLA ASUH IBU DENGAN STATUS GIZI ANAK BALITA DI DESA PERKEBUNAN SERUWAY KECAMATAN SERUWAY KABUPATEN ACEH TAMIANG (FAZRINA, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy