//

PENGENALAN KONSEP BILANGAN DAN LAMBANG BILANGAN MELALUI PERMAINAN BALOK ANGKA DALAM MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK DI PAUD NURUL HIDAYAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Alvimaisuri - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Alvimaisuri, 2016. Pengenalan Konsep Bilangan dan Lambang Bilangan Melalui Permainan Balok Angka dalam Mengembangkan Kognitif Anak di PAUD Nurul Hidayah. Skripsi, Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: 1) Dr. Bahrun, M. Pd 2) Dra. Yuhasriati, M. Pd Kata kunci: bilangan, balok, kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk memperkenalkan konsep bilangan dan lambang bilangan melalui permainan balok angka dalam mengembangkan kognitif anak di PAUD Nurul Hidayah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian tindakan kelas. Pada setiap siklus dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia dini berusia 4-5 tahun kelompok A berjumlah 12 orang anak yang terdiri atas 4 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Data dikumpulkan melalui observasi dan unjuk kerja. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa memperkenalkan konsep bilangan dan lambang bilangan melalui balok angka dalam mengembangkan kognitif anak dilakukan selama 2 siklus. Hasil siklus I adalah 1) Memperkenalkan angka menggunakan balok adalah hanya 8 dari 12 anak yang sudah mengenal angka 1-10, 2) Mengelompokkan balok sesuai dengan angka adalah hanya 5 dari 12 anak yang sudah mengenal bilangan 1-10, 3) Membentuk angka dengan menggunakan balok hanya 5 dari 12 orang anak yang sudah membentuk angka 1-10. Hasil siklus II adalah 1) Memperkenalkan angka menggunakan balok terjadi peningkatan menjadi 12 orang anak sudah mengenal angka 1-10. 2) Mengelompokkan balok sesuai dengan angka terjadi peningkatan menjadi 10 dari 12 orang anak sudah mengenal bilangan 1-10. 3) Membentuk angka dengan menggunakan balok terjadi peningkatan menjadi 11 dari 12 orang anak sudah membentuk angka 1-10.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI PERMAINAN PUZZLE LANTAI DI PAUD NURUL HIDAYAH DESA LAMPUUK KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (Dina Fitri, 2019)

MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI KARTU ANGKA BERGAMBAR DI PAUD RAUDHATUL QUDDUS ACEH BESAR (Saumi Hidayati, 2018)

MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN ANAK USIA DINI MELALUI KARTU ANGKA BERGAMBAR DI TK MISBAHUL ATHFAL DESA PASIE LEMBANG (ELY MASNIJAH, 2018)

MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN LOMPAT TALI DI PAUD NURUL HIDAYAH KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (Wirra Arrahmah, 2018)

PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN MERONCE DI PAUD KARAWARA-WA KABUPATEN ACEH BESAR (Ismanida, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy