//

KEMAMPUAN PENYELESAIAN SOAL BERBASIS KONSEPTUAL DAN ALGORITMIK PADA MATERI HIDROLISIS GARAM DI KELAS XI MAN RUKOH KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nina Maulida - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: algoritmik, konseptual, hidrolisis garam Telah dilakukan penelitian tentang kemampuan penyelesaian soal berbasis konseptual dan algoritmik pada materi hidrolisis garam di kelas XI MAN Rukoh Kota Banda Aceh. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui (1) tingkat kemampuan penyelesaian soal berbasis konseptual dan algoritmik, (2) bagian materi pada hidrolisis garam yang dianggap sulit oeh siswa, (3) perbedaan tingkat pemahaman siswa, dan (4) respons siswa terhadap soal-soal yang diberikan. Jenis penelitian adalah penelitian survey dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan tipe purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 23 siswa dari kelas XI-MIA 1. Hasil yang diperoleh berdasarkan analisis data yaitu terdapat 69,57% siswa pada tingkat pemahaman konseptual tinggi dan 21,74% siswa pada tingkat pemahaman algoritmik tinggi. Nilai t hitung yang diperoleh lebih besar dari t tabel yaitu 4,50 > 2,41 (α=1%) dan 4,50 > 1,68 (α=5%), artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan penyelesaian soal berbasis konseptual dengan kemampuan berbasis algoritmik pada siswa kelas XI MAN Rukoh Kota Banda Aceh pada materi hidrolisis garam. Soal yang sulit diselesaikan oleh siswa adalah soal nomor 8 dengan indikator penentuan titik ekiuvalen titrasi asam basa pada pH hidrolisis karena tidak ada siswa yang memperoleh nilai minimal 9,375 per item soal. . Soal nomor 5 dengan indikator menghitung pH suatu larutan garam yang terhidrolisis sebagian (anion) juga sulit diselesaikan oleh siswa karena hanya 4,34% siswa yang mampu memperoleh nilai minimal 9,375 per item soal. Berdasarkan data pada angket, persentase siswa yang menganggap soal algortimik tergolong sulit adalah 45,65% sedangkan soal konseptual 34,78%.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IDENTIFIKASI PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN ALGORITMIK SISWA KELAS XII MAN MODEL BANDA ACEH PADA MATERI ELEKTROLISIS TAHUN AJARAN 2014/2015 (Husneidy Syah Zikra, 2015)

PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN ALGORITMIK SISWA KELAS XII IPA AKSELERASI DENGAN KELAS XII IPA REGULER DI SMAN MODAL BANGSA ACEH BESAR PADA MATERI STOIKIOMETRI RNTAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Rahmad Rizki Fazli, 2014)

IDENTIFIKASI HUBUNGAN PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN ALGORITMIK DENGAN TINGKAT INTELLIGENT QUOTIENT (IQ) SISWA KELAS XI SMA RNNEGERI 4 BANDA ACEH PADA MATERI TERMOKIMIA RNTAHUN AJARAN 2014/2015 (Nuzulia, 2015)

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS SCIENCE, TECNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) PADA MATERI HIDROLISIS GARAM (FITRI HANDAYANI, 2014)

EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN SELF TUTORIAL BERBASIS KOMPUTER PADA MATERI HIDROLISIS GARAM (Chairunnisak, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy