//

DETERMINAN DAN PROBABILITAS STATUS KEMISKINAN RUMAH TANGGA DI PROVINSI ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Hendri Achmad Hudori - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dan pengaruh karakteristik rumah tangga terhadap status kemiskinan di daerah perdesaan dan perkotaan serta melihat kecenderungan tergolong sebagai rumah tangga miskin menurut karakteristik rumah tangga. Penelitian ini menggunakan metode analisis kebebasan chi-square, regresi logistik, dan odds ratio. Hasil uji kebebasan chi-square menunjukkan dari 17 variabel yang diuji, 1 variabel di perdesaan yaitu jenis kelamin kepala rumah dan 2 variabel di perkotaan yaitu umur dan jenis kelamin kepala rumah tangga tidak mempunyai hubungan dengan status kemiskinan. Hasil analisis regresi logistik menunjukkan sebanyak 16 variabel signifikan mempengaruhi status rumah tangga miskin di perdesaan dan 9 variabel di perkotaan yang terdiri dari karakteristik demografi, pendidikan, ketenagakerjaan, perumahan dan aset. Indikator kemiskinan yaitu: jumlah anggota rumah tangga yang banyak, kepala rumah tangga berpendidikan SD, sebagai pekerja bebas, luas rumah kecil, air minum berasal dari air sumur, bahan bakar memasak kayu bakar/LPG 3 kg/minyak tanah dan tidak memiliki aset sepeda motor (di perdesaan dan perkotaan). Serta, kepala rumah tangga berumur muda, berpendidikan SMP, status rumah milik sendiri, bekerja di pertanian, lantai rumah dari tanah/semen (di perdesaan). Untuk mengurangi kemiskinan, pemerintah hendaknya memperhatikan indikator kemiskinan rumah tangga di perdesaan dan perkotaan agar tujuan program pengurangan kemiskinan lebih efektif.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

INKLUSI KEUANGAN DAN KEMISKINAN DI INDONESIA (Hasta Pratama, 2018)

HUBUNGAN ANTARA STATUS PEREMPUAN KEPALA KELUARGA DENGAN KEMISKINAN DI KECAMATAN SUKAMAKMUR KABUPATEN ACEH BESAR (Rizki Astina, 2014)

PROFIL KEMISKINAN DI KECAMATAN PEUSANGAN SIBLAH KREUNG KABUPATEN BIREUEN (Dessy Arianti, 2016)

PELUANG MEMILIKI RUMAH SENDIRI RNDI KOTA BANDA ACEH (MARLIESNA, 2014)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEMISKINAN DI WILAYAH ZONA UTARA PROVINSI ACEH MENGGUNAKAN STRUCTURAL EQUATION MODELING (Hadiana Qanita, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy