//

MANAJEMEN PENGAWAS PADA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN SIMEULUE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Sudirman - Personal Name

Abstrak/Catatan

M A N A J E M E N P E N G A W A S P A D A KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN SIMEULUE Oleh: Sudirman NIM: 1409200050042 Komisi Pembimbing: 1. Prof. Dr. Murniati. AR, M. Pd. 2. Dr. Bahrun, M. Pd. ABSTRAK Pengawas merupakan personil yang dapat mempengaruhi mutu pendidikan di madrasah / sekolah secara berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang: (1) Mekanisme perencanaan pengawas, (2) Prosedur pengangkatan, penempatan, dan pengembangan karir pengawas, (3) Mekanisme pengawasan dan penilaian kinerja pengawas, dan (4) Faktor-faktor pendukung dan penghambat pengawasan guru pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Simeulue. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui: observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah: Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Simeulue, Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, Kepala Seksi Pendidikan Agama dan Kependidikan Islam, Koordinator Pengawas Dinas Pendidikan, pengawas, dan calon pengawas. Data dianalisis dengan cara mereduksi, mendisplay, menarik kesimpulan, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Mekanisme perencanaan pengawas belum melalui analisis kebutuhan jabatan sesuai formasi dan kriteria kebutuhan organisasi, rekrutmen dan seleksi bersifat tertutup, transaksional, dan diskriminatif, (2) Prosedur pengangkatan, penempatan, dan pengembangan karir pengawas terkesan sangat birokratis, kurang bertanggungjawab, belum memenuhi azas kebutuhan organisasi, dan tidak terkoordinasi dengan baik, (3) Mekanisme pengawasan dan penilaian kinerja pengawas belum di laksanakan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP), dan (4) Faktor pendukung hanya tunjangan jabatan dan tunjangan sertifikasi. Sedangkan, penghambat pengawasan guru adalah kurang pedulinya Kantor Kementerian Agama Kabupaten Simeulue terhadap latar belakang jabatan, kesejahteraan, dan keluhan para pengawas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Manajemen Pengawas pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Simeulue belum berjalan sebagaimana mestinya sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku saat ini. Kata Kunci: Manajemen, Personil, dan Pengawas Madrasah.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGEMBANGAN PROFESI PENGAWAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PENGAWAS DI KOTA BANDA ACEH (Nursanti, 2017)

PERAN KUALITAS PENGAWAS, PROGRAM PENGAWASAN DAN FASILITAS KERJA TERHADAP KINERJA PENGAWAS SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA KANTOR INSPEKTORAT ACEH BESAR (Fahmi Trisna, 2015)

SISTEM PENGADAAN ALAT TULIS KANTOR DENGAN METODE LANGSUNG PADA SUBBAG TATA USAHA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA BANDA ACEH (ZACHROEL FARHAN, 2017)

PENGARUH KAPASITAS APARATUR SIPIL NEGARA, SISTEM PENGENDALIAN INTERN, PENGAWASAN INTERNAL, DAN MANAJEMEN ASET TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN NEGARA PADA SATUAN KERJA KEMENTERIAN AGAMA DI KABUPATEN ACEH UTARA ( Muhajir, 2017)

MANAJEMEN REDAKSI MAJALAH “SANTUNAN” PADA KANTOR WILAYAH KEMENTRIAN AGAMA PROVINSI ACEH (Muhammad Irhamuddin, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy