//

STUDI EVALUATIF TENTANG KEBIJAKAN PEMERINTAH KABUPATEN ACEH SELATAN DALAM REKRUTMEN CALON GURU TINGKAT SEKOLAH MENENGAH TAHUN 2014

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Wilya Murti - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kebijaksanaan adalah kearifan yang dimiliki oleh seseorang, sedangkan kebijakan adalah aturan tertulis hasil keputusan formal organisasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kebijakan pemerintah Aceh Selatan tahun 2014, yaitu: (1) program kebijakan dalam perekrutan guru; (2) mekanisme dan strategi terhadap perekrutan guru; dan (3) kendala-kendala yang dijumpai dalam penentuan perekrutan guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah: Sekretaris Daerah, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan, Panitia Seleksi, dan Kepala Sekolah/guru pada Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Selatan. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Program kebijakan pemda dalam perekrutan guru di Kabupaten Aceh Selatan tahun 2014 merupakan program tindak lanjut kebijakan yang telah ditetapkan pusat, yaitu perekrutan CPNS yang dilaksanakan berdasarkan ketentuan yang telah ada, baik itu sistem perekrutan, formasi yang dibutuhkan; (2) Mekanisme perekrutan adalah: melalui tahapan pengumuman, pengumpulan berkas, penyeleksian berkas, pengumuman kesiapan berkas, tes, dan pengumuman kelulusan, serta pemberian SK. Sedangkan strategi yang dilakukan adalah: menentukan kualifikasi lulusan PTK yang terakreditasi dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT); (3) Kendala-kendala yang dihadapi dalam penentuan perekrutan calon guru adalah: kurangnya sarana pendukung untuk mengikuti tes dengan sistem komputerisasi, di samping sinyal internetnya yang lemah dan kemampuan sumber daya personil dalam menggunakan komputer masih rendah. Kata kunci: Studi Evaluatif, Kebijakan, Rekrutmen, dan Calon Guru.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

POLA REKRUTMEN PARTAI NASDEM KOTA LHOKSEUMAWE TERHADAP KANDIDAT CALON ANGGOTA LEGISLATIF PADA PEMILU LEGISLATIF 2014 (MUHAMMAD REZA, 2015)

PELAKSANAAN PROGRAM UKS DI SEKOLAH DASAR NEGERI 3 KOTA FAJAR KLUET UTARA KABUPATEN ACEH SELATAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Zahimuddin, 2015)

GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENERAPKAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH PADA SD NEGERI 2 GUNUNG SAMARINDA KABUPATEN ABDYA. (Dewi Julita, 2014)

POLA REKRUTMEN CALON LEGISLATIF DAPIL 1 PROVINSI ACEH YANG DILAKUKAN OLEH PARTAI KEADILAN SEJAHTERA (PKS) DAN PARTAI NASIONAL DEMOKRAT (NASDEM) (Yusrijal Abdar, 2016)

PERILAKU PEMILIH PADA PEMILU LEGISLATIF TAHUN 2014 (STUDI DI KECAMATAN SEUNAGAN TIMUR KABUPATEN NAGAN RAYA) (Munawir Syahputra, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy