//

MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA SMP NEGERI 1 TAPAKTUAN ACEH SELATAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Suwito - Personal Name

Abstrak/Catatan

Manajemen pembelajaran adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan guru dalam manajemen pembelajaran, meliputi: Perencanaan; Pelaksanaan; Evaluasi; dan Hambatan yang dihadapi guru dalam pembelajaran. Melalui metode deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru Bahasa Inggris dan Kepala Sekolah pada SMP Negeri 1 Tapaktuan Aceh Selatan. Hasil penelitian ditemukan: (1) Perencanaan pembelajaran Bahasa Inggris disusun dari menetapkan identitas mata pelajaran, standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi ajar, metode, alokasi waktu, kegiatan pembelajaran, sumber/alat pembelajaran dan penilaian hasil yang dapat meningkatkan prestasi siswa. Dalam mengajar guru masih menggunakan media gambar, belum menggunakan media berbasis IT seperti slide bahan ajar; (2) Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru masih berpedoman pada silabus BSNP. Dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, guru Bahasa Inggris belum menerapkan pembelajaran yang inovatif, masih terfokus pada penerapan metode konvensional. Kegiatan yang dilakukan guru dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu: membuka pelajaran, menyampaikan materi (kegiatan inti) dan menutup pelajaran. Proses pembelajaran di kelas umumnya lebih menekan pada ranah kognitif, sedangkan ranah psikomotor dan afektif sering diabaikan oleh guru; (3) Evaluasi pembelajaran Bahasa Inggris dilakukan secara langsung pada saat proses belajar mengajar di kelas; dan (4) Hambatan yang sering dihadapi guru dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran yaitu sulit merumuskan indikator pencapaian kompetensi, siswa sering minta permisi keluar dan sulit menganalisis butir soal tes. Dalam menghadapi hambatan tersebut, guru selalu meminta bantuan kepada guru senior. Kata Kunci: Manajemen, Pembelajaran, dan Prestasi Belajar Siswa

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGELOLAAN PEMBELAJARAN GURU BAHASA INGGRIS DALAM MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 13 BANDA ACEH (Sulaiman, 2014)

PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER TUMBUHAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 BAKONGAN KABUPATEN ACEH SELATAN (Rita Ardiyanti, 2018)

PENARAPAN METODE RESITASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKN DI SMP NEGERI 2 SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN (Asmarida, 2014)

PENERAPAN METODE SOSIODRAMA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) PADA MATERI PERLINDUNGAN DAN PENEGAKAN HAK AZASI MANUSIA (HAM) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII-1 SMP NEGERI 1 TAPAKTUAN KABUPATEN ACEH SELATAN (Salmah, 2015)

HUBUNGAN SIKAP DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA SMP NEGERI 18 BANDA ACEH (Rahimah, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy