//

PENINGKATAN BANDWIDTH ANTENA BROADBAND HEXACULA OMNIDIREKSIONAL STRIP KEMBAR BINOMIAL DENGAN METODE OPTIMASI CELAH KAPASITIF

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Safwan - Personal Name
SubjectANTENNAS - COMUNICATION ENGINEERING
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Teknik Elektro Unsyiah
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Pada umumnya satu antena digunakan hanya untuk satu aplikasi saja. Untuk mengefisienkan penggunaan antena, suatu antena broadband dapat dimanfaatkan untuk berbagai aplikasi. Salah satu antena broadband yang sesuai untuk berbagai aplikasi adalah antena Hexacula omnidireksional strip kembar binomial. Antena ini bekerja pada sebagian rentang frekuensi ultra high frequency (UHF) 0,836 GHz - 3 GHz yang mempunyai bandwidth 2,164 GHz dengan VSWR ≤ 1,5. Bandwidth antena ini belum dapat menjangkau beberapa teknologi komunikasi yang bekerja pada rentang UHF 0,3 GHz - 3 GHz. Berdasarkan permasalahan tersebut, dilakukan penelitian optimasi bandwidth antena Hexacula omnidireksional strip kembar binomial dengan metode optimasi celah kapasitif. Penelitian ini menghasilkan bandwidth sebesar 2,68 GHz dengan VSWR ≤ 1,5 dan bekerja pada rentang frekuensi 0,32 GHz – 3 GHz. Terjadi peningkatan bandwidth sebesar 20 % atau 530 MHz dari antena Hexacula omnidireksional strip kembar binomial. Antena ini dapat diaplikasikan untuk DCS-1800, CDMA 1900, UMTS 2100, W-LAN 2,4 GHz, CDMA 450 MHz, broadband RF energy harvester, cognitive radio, RFID, radio bergerak, navigasi penerbangan, penelitian astronomi, bergerak satelit, CDMA, SCDMA, automobile communication, mobile digital TV ( DTTB, CMMB, DVB-T ) dan berbagai aplikasi lainnya yang termasuk pada rentang frekuensi 0,32 GHz -3 GHz. Kata kunci: antena, bandwidth, broadband, binomial, celah kapasitif, VSWR.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DESAIN DAN PENGUJIAN ANTENA MICROSTRIP RECTANGULAR PATCH SATU ELEMEN DAN ARRAY DUA ELEMEN UNTUK WIMAX 2,3 GHZ (Muhammad Reza Aditya, 2018)

SIMULASI PERANCANGAN DAN ANALISA ANTENA MIKROSTRIP PATCH CIRCULAR PADA FREKUENSI 2,4GHZ UNTUK APLIKASI WLAN (Jarnawi Ariga, 2015)

PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA SHOWROOM TOYOTA PT. DUNIA BARUSA DI BANDA ACEH (Muchsinul Amal, 2014)

SIMULASI PERANCANGAN DAN ANALISA ANTENA MIKROSTRIP PATCH TRIANGULAR UNTUK KOMUNIKASI WLAN (Amrol Hazi, 2015)

PERANCANGAN DAN PENGUJIAN ANTENA MICROSTRIP CIRCULAR PATCH SATU ELEMEN DAN ARRAY DUA ELEMEN UNTUK APLIKASI WIMAX 2,3 GHZ (FAUZAN AKBARRIZKY, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy