//

PENGARUH TINGKAT KEBISINGAN TERHADAP PENINGKTAN KADAR GULA DARAH PADA TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) JANTAN STRAIN WISTAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Afifussyakir - Personal Name

Abstrak/Catatan

Bising merupakan suara yang tidak diinginkan atau mengganggu kesehatan dan kenyamanan. Bising dapat menyebabkan gangguan pada aktifitas dan komunikasi yang kemudian akan berdampak pada respon stres dan kemungkinan berkembang menjadi penyakit yang tidak diinginkan. Stresor bising akan menyebabkan aktifnya aksis hipotalamus-hipofisis-adrenal (HPA-aksis) dan sintesis kortisol. Hormon kortisol mempunyai sifat yang berlawanan dengan insulin sehingga menyebabkan kadar gula darah tinggi.Tujuan dari penelitian ini untuk melihat pengaruh tingkat kebisingan terhadap kadar gula darah pada hewan coba tikus putih wistar.Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimentalmenggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan metode Posttest Only Control Design. Hewan coba yang digunakan sebanyak 24 tikus Wistar Jantan yang dibagi menjadi 4 kelompok yang pada 3 kelompok dilakukan tindakan pemberian bising (82 dB, 97, dB, dan 112 dB) dan 1 kelompok tidak dilakukan tindakan pemberian bising, yaitu kelompok kontrol. Data dianalisis dengan uji statistik Saphiro Wilk dan levene, kemudian dilanjutkan dengan uji Anovadan BNT. Hasil penelitian ini menunjukan pemberian intensitas bising yang bertingkat menyebabkan peningkatan kadar gula darah sewaktu pada setiap kelompok hewan cobadimana sig(0.026) lebih kecil dari P-Value (0.05) dan pemberian intensitas bising diatas nilai ambang batas normal memiliki pengaruh lebih bermakna dibandingkan intensitas bising dibawah nilai ambang batas normal. Sehingga dapat disimpulkan terdapat peningkatan kadar gula darah pada kelompok hewan coba dengan pemberian bising 112 dB. Kata Kunci : Bising, Kadar Gula Darah, Stres

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EFEKTIVITAS EKSTRAK BUAH PARE (MOMORDICA CHARANTIA L.) DALAM MENURUNKAN KADAR GULA DARAH PADATIKUS WISTAR (RATTUS NORVEGICUS) YANG MENGALAMI HIPERGLIKEMI (GHALIA MAYUNA, 2018)

KADAR HEMOGLOBIN DAN JUMLAH ERITROSIT TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) STRAIN WISTAR SETELAH PEMBERIAN FORMALIN (Zea Ochtavia, 2017)

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK SELEDRI (APIUM GRAVEOLENS L.) TERHADAP PENURUNAN KADAR GULA DARAH TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) JANTAN YANG DIINDUKSI STRES LISTRIK (Fara Meutia, 2015)

EFEK PEMBERIAN INFUSA DAUN SELEDRI (APIUM GRAVEOLENS L.) TERHADAP KADAR KOLESTEROL DARAH TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) JANTAN YANG DIINDUKSI DENGAN ALOKSAN (Kiky Moelviani, 2016)

PERSENTASE ABNORMALITAS SPERMATOZOA PADA DUA STRAIN TIKUS SPRAGUE DAWLEY DAN WISTAR (ROBI NOFRIA MISKA, S.KH, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy