//

DAMPAK PENGALIHAN LAHAN MANGROVE TERHADAP KEANEKARAGAMAN BENTHOS DAN STRATEGI KONSERVASI DI KECAMATAN JAYA BARU KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fitria Ulfa - Personal Name

Abstrak/Catatan

Fitria ulfa. Judul: Dampak Pengalihan Lahan Mangrove terhadap Keanekaragaman Benthos dan Strategi Konservasi di Kecamatan Jaya Baru Kota Banda Aceh. Pembimbing (1) Prof. Dr. M. Ali S., M.Si. Pembimbing (2) Dr. Abdullah, M. Si ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pengalihan lahan mangrove terhadap keanekaragaman benthos dan strategi konservasi di Kecamatan Jaya Baru Kota Banda Aceh. Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan September - November 2014 di kawasan mangrove Kecamatan Jaya Baru Kota Banda Aceh. Metode yang digunakan metode survey dengan observasi langsung untuk dampak pengalihan lahan mangrove terhadap keanekaragaman benthos dan strategi konservasi disekitar lahan manggrove Kecamatan Jaya Baru Kota Banda Aceh. Stasiun penelitian dibagi dalam 4 stasiun menggunakan metode purposive sampling atas dasar pertimbangan keberadaan mangrove. Keanekaragaman benthos dianalisis dengan rumus indeks keanekaragaman, sedangkan dampak pengalihan dianalisis dengan deskripsi. Hasil analisis diperoleh keanekaragaman benthos pada lahan yang telah direklamasi 1,18 dan pada lahan yang belum direklamasi 1,77 artinya keanekaragaman benthos sedang. Kesimpulannya adalah pengalihan lahan mangrove manjadi tambak masyarakat, kawasan pariwisata dan pemukiman penduduk berdampak negative terhadap keanekaragaman benthos dan rendahnya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya konservasi mangrove menyebabkan strategi konservasi di Kecamatan Jaya Baru Kota Banda Aceh masih sangat kurang sehingga perlu dilakukan pembinaan dan peningkatan kesadaran masyarakat serta perlu dilakukan pemulihan dengan merehabilitas ekosistem mangrove. Kata kunci : lahan mangrove, keanekaragaman benthos, strategi konservasi

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PARTISIPASI MASYARAKAT DAN KONDISI EKOSISTEM MANGROVE DI KECAMATAN BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (Mulyana Sari, 2013)

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KONSERVASI HUTAN MANGGROVE DAN BENCANA DI DESA LEUGE KABUPATEN ACEH TIMUR (Muhammad Fajrianda, 2018)

KEANEKARAGAMAN DAN POLA DISTRIBUSI BENTHOS DI PERAIRAN KRUENG JREU KECAMATAN INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR (Mudrikatun Nafisah, 2017)

KELIMPAHAN DAN KEANEKARAGAMAN MAKROZOOBENTHOS EPIFAUNA DI KAWASAN REHABILITASI EKOSISTEM MANGROVE RIGAIH KECAMATAN SETIA BAKTI KABUPATEN ACEH JAYA (M.DANIL, 2016)

KONSERVASI EKOSISTEM MANGROVE DAN ASOSIASI DENGAN MAKROZOOBENTHOS DI KAWASAN KRUENG REULENG KECAMATAN LEUPUNG LABUPATEN ACEH BESAR (AFKAR, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy