//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP, MOTIVASI BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI JAMUR DI SMA NEGERI 3 MEDAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Salmaniah - Personal Name

Abstrak/Catatan

Salmaniah. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Pemahaman Konsep, Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar Peserta Didik pada Materi Jamur di SMA Negeri 3 Medan. TESIS. Pembimbing I. Dr. Cut Nurmaliah, M.Pd. Pembimbing II. Drs. Supriatno, M.Si, Ph.D. ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep, motivasi belajar, aktivitas belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran discovery learning dengan pembelajaran konvensional, dan hubungan antara motivasi belajar serta aktivitas belajar terhadap pemahaman konsep peserta didik melalui penerapan model pembelajaran discovery learning. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen (experimental research) dengan desain penelitian Pretest-posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik kelas X Jurusan Matematika IPA SMA Negeri 3 Medan berjumlah 396 peserta didik yang berasal dari 11 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling dimana jumlah peserta didik pada kelas eksperimen dan kontrol masing-masing 36. Instrumen penelitian ini menggunakan tes pemahaman konsep, angket motivasi belajar, dan lembar observasi aktivitas belajar peserta didik. Analisis data menggunakan uji t dan uji korelasi ganda pada taraf signifikan 0,05. Pemahaman konsep peserta didik diperoleh t hitung = 2,18 dan t tabel = 1,990. Motivasi belajar diperoleh t hitung = 7,17dan t tabel = 1,990. Aktivitas belajar peserta didik diperoleh t hitung = 17,25 dan t tabel = 1,990 artinya ada perbedaan pemahaman konsep, motivasi belajar, aktivitas belajar pada kedua kelas. Hubungan antara motivasi belajar dan aktivitas belajar peserta didik terhadap pemahaman konsep diperoleh r = 0,56 yang berarti memiliki hubungan yang cukup. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan pemahaman konsep, motivasi belajar, aktivitas belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran discovery learning dengan pembelajaran konvensional, terdapat hubungan positif antara motivasi belajar serta aktivitas belajar peserta didik terhadap pemahaman konsep melalui penerapan model pembelajaran discovery learning. Sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman konsep, motivasi belajar dan aktivitas belajar peserta didik secara optimal, maka diharapkan guru biologi dapat menerapkan model pembelajaran discovery learning yang dapat melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Model Pembelajaran Discovery Learning, Pemahaman Konsep, Motivasi Belajar, Aktivitas Belajar Peserta Didik, Materi Jamur

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING PADA MATERI KONSEP MOL KELAS X DI SMAN 9 BANDA ACEH (DWI MIFTAKHUL JANNAH, 2018)

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI HIDROKARBON DI KELAS XI SMA NEGERI 1 SIGLI, PIDIE (TIA ZULIANI, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI IKATAN KIMIA DI KELAS X SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Silvia Wulandari, 2018)

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS PENUGASAN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH DI KABUPATEN BIREUEN (Putri Liana, 2018)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KONSEP MOL KELAS X SMA NEGERI 8 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2015/2016 (Syahrul Hamdi, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy