//

PENGENALAN KARAKTER TULISAN TANGAN JAWI MENGGUNAKAN METODE EKSTRAKSI FITUR ROTATION, SCALING AND SHIFTING INVARIANT-RELATIVE CONTEXT (RSSI-RC) DAN SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rizal Fikri - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian tentang pengenalan karakter tulisan tangan kursif sudah banyak dilakukan dengan berbagai metode, tetapi implementasi untuk pengenalan karakter Jawi jarang ditemui. Tesis ini mengusulkan sebuah metode ekstraksi fitur baru untuk pengenalan karakter Jawi yang dinamai Rotation, Scaling and Shifting Invariant-Relative Context (RSSI-RC). RSSI-RC merupakan hasil modifikasi yang dikembangkan dari fitur Relative Context (RC). RC mengenali karakter dengan menghilangkan tanda baca titik dan mengelompokkan data ke dalam grup berdasarkan kesamaan bentuk dasar sehingga hasil pengenalan bukan aksara asli melainkan nama grup yang dibentuk sebelumnya. Berbeda dengan RC, setelah dimodifikasi RSSI-RC mampu mengenali karakter asli lengkap dengan atribut titiknya. Pengklasifikasian dilakukan dengan menggunakan metode Support Vector Machine (SVM). Pengujian metode RSSI-RC dilakukan dengan menggunakan citra karakter Jawi independen, citra karakter Jawi yang dirotasi dengan derajat tertentu dan juga dilakukan perbandingan performansi dengan RC untuk karakter hasil pengelompokan. RSSI-RC memberikan hasil pengenalan rata-rata 98,10 % untuk 3 set (105 aksara) citra aksara Jawi independen. Untuk pengujian 1 set aksara hasil pengelompokan (17 grup) pada keadaan normal tanpa rotasi RSSI-RC memberikan peningkatan performansi pengenalan 14,81% jika dibandingkan dengan RC, sedangkan pada keadaan rotasi dengan derajat tertentu RSSI-RC memberikan hasil 100% pada setiap rotasinya.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

SISTEM PENGENALAN HURUF JAWI CETAK MENGGUNAKAN FITUR MOMENT INVARIANT (Iswandi, 2016)

PENGGUNAAN MOMENT AFFINE UNTUK KARAKTERISASI HURUF JAWI CETAK (Laila Nujmi Burhan, 2017)

PENGENALAN AKSARA JAWI TULISAN TANGAN MENGGUNAKAN FREEMAN CHAIN CODE (FCC) DAN SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM) (Safrizal, 2016)

PENERAPAN FITUR FREEMAN CHAIN CODE PADA ALGORITMA SUPPORT VECTOR MACHINE UNTUK PENGENALAN KARAKTER PLAT NOMOR KENDARAAN BERMOTOR (ABBAS ADAM AZ ZUHRI, 2017)

PENGENALAN KARAKTER ARAB MELAYU MENGGUNAKAN FITUR MOMENT INVARIANT (Khairun Saddami, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy