//

JENIS, FUNGSI, DAN MAKNA MITOS DALAM MASYARAKAT PANTE RAJA, PIDIE JAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rizkina - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian yang berjudul “Jenis, Fungsi, dan Makna Mitos dalam Masyarakat Pante Raja Pidie Jaya” ini mengkaji masalah mitos dalam masyarakat Pante Raja, Pidie Jaya. Rumusan masalah penelitian ini adalah jenis dan fungsi mitos yang terdapat dalam masyarakat Pante Raja Pidie Jaya, makna mitos dalam masyarakat Pante Raja Pidie Jaya. Sumber data penelitian ini adalah semua masyarakat di Kecamatan Pante Raja, Kabupaten Pidie Jaya. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah teknik wawancara, dan diikuti juga oleh teknik simak libat cakap, teknik simak bebas libat cakap, teknik rekam, dan teknik catat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mitos dalam masyarakat Pante Raja, Pidie Jaya terdapat enam jenis mitos, yakni: (1) mitos berupa gugon tuhon, (2) mitos alam, (3) banyangan asosiatif, (4) ruang dan waktu kosmos, (5) mitos lingkungan (ekologi), dan (6) asal-usul penciptaan. Fungsi mitos yang terdapat dalam masyarakat Pante Raja, Pidie Jaya terdapat empat jenis mitos, yakni: (1) fungsi pendidikan, (2) fungsi religius, (3) fungsi sosial, dan (4) sosial budaya. Selanjutnya, makna mitos terbanyak yang terdapat dalam masyarakat Pante Raja, Pidie Jaya sebagai berikut. (1) rezeki, (2) jodoh, dan (3) meninggal. ABSTRAK Penelitian yang berjudul “Jenis, Fungsi, dan Makna Mitos dalam Masyarakat Pante Raja Pidie Jaya” ini mengkaji masalah mitos dalam masyarakat Pante Raja, Pidie Jaya. Rumusan masalah penelitian ini adalah jenis dan fungsi mitos yang terdapat dalam masyarakat Pante Raja Pidie Jaya, makna mitos dalam masyarakat Pante Raja Pidie Jaya. Sumber data penelitian ini adalah semua masyarakat di Kecamatan Pante Raja, Kabupaten Pidie Jaya. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah teknik wawancara, dan diikuti juga oleh teknik simak libat cakap, teknik simak bebas libat cakap, teknik rekam, dan teknik catat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mitos dalam masyarakat Pante Raja, Pidie Jaya terdapat enam jenis mitos, yakni: (1) mitos berupa gugon tuhon, (2) mitos alam, (3) banyangan asosiatif, (4) ruang dan waktu kosmos, (5) mitos lingkungan (ekologi), dan (6) asal-usul penciptaan. Fungsi mitos yang terdapat dalam masyarakat Pante Raja, Pidie Jaya terdapat empat jenis mitos, yakni: (1) fungsi pendidikan, (2) fungsi religius, (3) fungsi sosial, dan (4) sosial budaya. Selanjutnya, makna mitos terbanyak yang terdapat dalam masyarakat Pante Raja, Pidie Jaya sebagai berikut. (1) rezeki, (2) jodoh, dan (3) meninggal.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

SPESIES HEWAN LAUT HASIL TANGKAPAN NELAYAN DIKAWASAN MEUREUDU DAN PANTE RAJA KABUPATEN PIDIE JAYA (Novi Marliani, 2014)

MAKNA DAN FUNGSI UNGKAPAN BAHASA ACEH PADA MASYARAKAT PIDIE (Putri Raisa, 2016)

PRARANCANGAN PABRIK BIOETANOL DARI BONGGOL PISANG DENGAN KAPSITAS BAHAN BAKU 134.000 TON/TAHUN (Nurfaudhah, 2014)

PRARANCANGAN PABRIK BIOETANOL DARI BONGGOL PISANG DENGAN KAPASITAS BAHAN BAKU 134.000 TON/TAHUN (Cut Rahmah Putri, 2014)

FUNGSI TARI DAN MAKNA GERAK TARI TRADISIONAL LANDOK SAMPOT DI DESA LAWE SAWAH KECAMATAN KLUET TIMUR KABUPATEN ACEH SELATAN (LENI MARLINA, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy