Search :

Advance


FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) DI SMP NEGERI 3 LANGSA

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Faridah - Personal Name
Subyek EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
MOTIVATION
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Motivasi, Belajar Siswa Penelitian yang berjudul “Faktor-faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di SMP Negeri 3 Langsa” ini mengangkat masalah mengenai faktor apa yang menjadi penyebab rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn di SMPN 3 Langsa, dan upaya apa yang dilakukan guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn di SMPN 3 Langsa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor penyebab rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn di SMPN 3 Langsa dan upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn di SMPN 3 Langsa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX SMPN 3 Langsa tahun pelajaran 2013 yang berjumlah 464 siswa, dan jumlah populasi tersebut ditetapkan sampel sebesar 15%, yaitu 70 siswa. Penentuan sampel dilakukan secara random (random sampling). Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi lapangan dan angket. Pengolahan data menggunakan teknik statistik sederhana yang dikemukakan oleh Sudjana dan menganalisanya. Berdasarkan hasil penelitian, penulis dapat menarik kesimpulan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa SMPN 3 Langsa terhadap mata pelajaran PKn diantaranya adalah minat dari siswa itu sendiri terhadap mata pelajaran PKn, kondisi keluarga, lingkungan tempat siswa tinggal, sekolah, status orang tua, perhatian guru, konsentrasi siswa saat belajar, perhatian guru pada saat mengajar serta fasilitas sekolah. Adapun upaya-upaya yang dilakukan guru PKn SMPN 3 Langsa untuk membangkitkan motivasi belajar siswa adalah dengan cara memberikan penghargaan, pujian, penyadaran, hukuman, bimbingan, menciptakan suasana belajar yang nyaman, mengadakan persaingan antar siswa, mengajak anak untuk aktif dalam proses belajar mengajar, menerapkan metode yang sesuai dengan indikator pelajaran. Disarankan kepada pihak terkait, khususnya Departemen Pendidikan Nasional supaya dapat mengupayakan kelengkapan buku-buku atau bahan bacaan lainnya di Perpustakaan SMPN 3 Langsa. Kepada kepala sekolah dan guru PKn di SMPN 3 Langsa dapat mengupayakan peningkatan mutu pendidikan di SMPN 3 Langsa. Guru juga diharapkan memiliki pengetahuan dan kecakapan terhadap perubahan. Kepada seluruh siswa SMPN 3 Langsa, khususnya siswa kelas IX supaya dapat meningkatkan kegiatan belajar, agar prestasi belajar yang dicapai berhasil secara optimal.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERSEPSI SISWA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) DI SMP NEGERI 3 KLUET UTARA KABUPATEN ACEH SELATAN (ZALEKHA, 2014)

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA POKOK BAHASAN PRESTASI DIRI MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) SISWA KELAS IX C SMP NEGERI 1 LANGSA KOTA LANGSA (FAUZIA, 2014)

RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN DI MTSN RUKOH DARUSSALAM (Azhar, 2013)

EFEKTIFITAS PENERAPAN TUTOR SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) DI KELAS VII SMP NEGERI 1 SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN (sardiah, 2014)

MINAT DAN KENDALA SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) DI SMP NEGERI 5 LHOKSUKON KABUPATEN ACEH UTARA (Radhiah, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.