//

DAYA TERIMA KONSUMEN TERHADAP KUE CAKAR AYAM DARI KULIT SINGKONG (MANIHOT UTILISSIMA)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nadiatul Ulwa - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata kunci: Daya Terima Konsumen, Kue Cakar Ayam, Kulit Singkong. Penelitian ini membahas masalah kue cakar ayam yang dibuat dari kulit singkong dengan dua perlakuan yaitu dengan menggunakan resep kontrol kue cakar ayam dari ubi jalar dan digantikan dengan kulit singkong. Kulit singkong yang digunakan adalah kulit singkong putih yang melapisi isi daging dan dari varietas yang tidak beracun. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui karakteristik organoleptik (warna, aroma tekstur, dan rasa) kue cakar ayam dari kulit singkong. (2) Mengetahui bagaimana daya terima konsumen terhadap cita rasa kue cakar ayam dari kulit singkong. (3) Memperoleh resep standar pembuatan kue cakar ayam dari kulit singkong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Data-data dari uji pengamatan dianalisis dengan cara menentukan nilai rata-rata (mean) dari total yang diperoleh dari narasumber. Data-data dari uji penerimaan dianalisis menggunakan analisis varian (anova) satu jalur pada kue cakar ayam yang diperoleh dari narasumber dan panelis konsumen mahasiswa FKIP PKK. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji pengamatan (Sensory Evaluation) yang dilakukan oleh 6 narasumber, uji tingkat penerimaan (Hedonic Scale) yang di uji cobakan kepada 30 orang panelis konsumen yaitu mahasiswa FKIP PKK. Resep standar kue cakar ayam dari kulit singkong yaitu (CA02) yang terdiri dari kulit singkong 500 gram, gula merah 250 gram, garam 1 ½ sdt, dan minyak goreng 500 ml. Berdasarkan hasil analisis data, menurut narasumber kue cakar ayam ubi jalar (CA01) sangat disukai dengan nilai rata-rata 98,8, sedangkan kue cakar ayam kulit singkong agak disukai dengan nilai rata-rata 89,4. Hasil analisis data menurut konsumen menunjukkan bahwa kue cakar ayam ubi jalar (CA01) lebih disukai dengan nilai rata-rata pada warna (5,48), aroma (5,14) tekstur (5,06) dan rasa (5,4) sedangkan kue cakar kulit singkong dengan nilai rata-rata pada warna (3,89), aroma (4,65), tekstur (3,69) dan rasa (3,98). Maka dari hasil analisis data tersebut kue cakar ayam kulit singkong agak disukai oleh konsumen. Simpulan dari penelitian ini adalah hasil hipotesis dapat diterima karena ada perbedaan karakteristik organoleptik dan ada perbedaan tingkat penerimaan konsumen terhadap (warna, aroma, tekstur dan rasa) kue cakar ayam dari ubi jalar dan kue cakar ayam dari kulit singkong. Oleh karena itu menghasilkan penerimaan kue cakar ayam kulit singkong agak disukai.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN KARAKTERISTIK ORGANOLEPTIK DAN DAYA TERIMA KONSUMEN ANTARA NUGGET JAGUNG MANIS (ZEA MAYS L) DENGAN NUGGET KULIT SINGKONG (MANIHOT ESCULENTA) (Fizzah Mastura, 2018)

PENGARUH KOMBINASI EKSTRAK KULIT BATANG JALŎH (SALIXTETRASPERMAROXB) DAN SERBUK DAUN SINGKONG (MANIHOT ESCULENTA CRANTZ)TERHADAP PERTAMBAHAN BOBOT BADAN AYAM BROILER PENGARUH KOMBINASI EKSTRAK KULIT BATANG JALŎH (SALIXTETRASPERMAROXB) DAN SERBUK DAUN SINGKONG (MANIHOT ESCULENTA CRANTZ)TERHADAP PERTAMBAHAN BOBOT BADAN AYAM BROILER PENGARUH EKSTRAK KULIT BATANG JALOH DAN SERBUK DAUN SINGKONG TERHADAP PERTAMBAHAN BOBOT BADAN AYAM BROILER (Hanum Harfinda, 2015)

PEMANFAATAN KULIT PISANG AYAM (MUSA PARASIDIACA.L) DALAM PEMBUATAN KERUPUK (RISA NOVIANA, 2018)

PENGARUH PEMBERIAN SERBUK DAUN SINGKONG TERHADAP ZAT BESI (FE) DALAMRNDARAH AYAM (BROILER) (irwan, 2014)

PENGARUH AKUMULASI MERKURI (HG) TERHADAP KADAR KLOROFIL TUMBUHAN CAKAR AYAM (SELAGINELLA DOEDERLEINII HIERON.) DALAM PENGEMBANGAN FITOREMEDIASI (Miratul Yani, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy