//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE AND SHARE (SSCS) PADA MATERI KOLOID DI KELAS XI SMA NEGERI 12 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Sri Utami - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: Model SSCS, hasil belajar, koloid. Telah dilakukan penelitian dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) pada Materi Koloid di Kelas XI SMA Negeri 12 Banda Aceh, dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa, aktivitas siswa, dan tanggapan siswa setelah penerapan model pembelajaran SSCS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian yaitu kelas XI MIA 2 yang berjumlah 19 siswa, terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes berupa soal pilihan ganda, observasi berupa lembar observasi aktivitas, sikap dan keterampilan siswa, kemudian penyebaran angket yang berupa angket tanggapan siswa. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diperoleh berdasarkan ranah kognitif, afektif dan psikomotorik mencapai ketuntasan secara klasikal yaitu sebesar 94,74%. Hasil observasi aktivitas siswa dari pertemuan pertama sampai pertemuan ketiga: 84,85%; 85,61% dan 87,88%. Hasil tanggapan siswa terhadap penerapan model SSCS memberikan tanggapan positif sebesar 91,22%, sedangkan siswa yang memberikan respon negatif sebesar 8,72%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa siswa memberikan tanggapan yang positif terhadap penerapan model SSCS, hasil belajar siswa pada materi koloid dapat tuntas secara klasikal dan dapat meningkatkan aktivitas siswa dengan kategori sangat baik.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE (SSCS) PADA MATERI TITRASI ASAM BASA DI SMA NEGERI 1 INGIN JAYA (Rawatal Afna, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT, OBSERVE AND EXPLAIN (POE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KOLOID DI KELAS XI MAN 3 BANDA ACEH (RAHMAYANTI, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MODELING THE WAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KOLOID KELAS XI SEMESTER 2 DI SMAN 11 BANDA ACEH (QURRATUL AINI, 2015)

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWAPADA MATERI OPERASI BILANGAN BULAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE DI KELAS IV SDN UJONG KUTA (Murni Asdar, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA MATERI LUAS BANGUN DATAR DI KELAS V SD NEGERI 62 BANDA ACEH (Linawati, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy