//

ANALISA SISTEM JARINGAN DISTRIBUSI AIR BERSIH DI DESA ULEE LHEUE KECAMATAN MEURAXA KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang M. Fadhil - Personal Name

Abstrak/Catatan

Analisa Sistem Jaringan Distribusi Air Bersih Di Desa Ulee Lheue Kecamatan Meuraxa Kota Banda Aceh Oleh M. Fadhil 1104102010029 Teknik Konversi Energi Abstrak Pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat akan air bersih yang layak merupakan masalah yang berkembang di Kota Banda Aceh khususnya di desa Ulee Lheue Kecamatan Meuraxa Kota Banda Aceh. Pendistribusian air bersih yang ada tidak merata, sehingga banyak desa dan perumahan belum mendapatkan air bersih. Untuk mengatasi hal tersebut dibutuhkan jaringan distribusi air bersih yang baik dan mampu melayani kebutuhan air bersih bagi penduduk di daerah tersebut. Perencanaan sebuah jaringan distribusi air bersih yang dihitung dengan teliti dan dilihat dari berbagai aspek, yaitu : kuantitas, kualitas dan kontinuitas. Perencanaan tersebut dibuat secara utuh dan membentuk suatu sistem jaringan distribusi air bersih yang terpadu. Metode penelitian yang digunakan adalah terlebih dahulu mengumpulkan data yang dibutuhkan baik primer maupun sekunder. Kemudian menghitung banyaknya penduduk yang ada di area perumahan tersebut. Tahapan berikutnya adalah menghitung kebutuhan air. Dari hasil perhitungan yang telah dilakukan, kemudian dilakukan analisa secara analitis, setelah itu dilakukan perbandingan analisa dengan software WaterGEMS V8i dan Pipe Flow Expert. Hasil perhitungan dan analisa kebutuhan air bersih untuk masyarakat Desa Ulee Lheue Kecamatan Meuraxa Kota Banda Aceh adalah sebesar 91560 L/hari. Total Head losses yang terjadi pada sistem jaringan pipa distribusi air bersih di Desa Ulee Lheue adalah 0,6422 m. Tekanan yang dibutuhkan agar jaringan mampu mensuplai air ke rumah warga dengan tekanan minimum di ujung pipa secara perhitungan manual, dengan software WaterGEMS V8i dan dengan software Pipe Flow Expert adalah sebesar 2,1 bar. Tekanan yang dihasilkan pada ujung pipa adalah 2,0689 bar secara perhitungan manual, 2,0858 bar dengan software WaterGEMS V8i dan 2,0793 bar dengan software Pipe Flow Expert. Kata Kunci : Ulee Lheue, Distribusi Air Bersih, Software WaterGEMS V8i dan Software Pipe Flow Expert

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DAMPAK PENGEMBANGAN OBJEK WISATA PANTAI ULEE LHEUE TERHADAP KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT ( STUDI KASUS DI DESA ULEE LHEUE KECAMATAN MEURAXA KOTA BANDA ACEH ) (M.Adi Kusuma Rayesh, 2013)

ANALISIS PENDAPATAN PEDAGANG DIKAWASAN RNPANTAI ULEE LHEUE KECAMATAN MEURAXARNKOTA BANDA ACEH (Erni Fitriyanti, 2014)

ANALISIS NILAI TAMBAH USAHA JAGUNG BAKAR RNSERTA KONTRIBUSINYA TERHADAP TOTAL PENDAPATAN RUMAH TANGGA DI ULEE-LHEUE KECAMATAN MEURAXA KOTA BANDA ACEH (Ilhamullah, 2014)

PENGARUH PENDAPATAN TERHADAP POLA KONSUMSI RUMAH TANGGA MASYARAKAT NELAYAN DESA ULEE LHEUE KECAMATAN MEURAXAKOTA BANDA ACEH (muhammad iqbal, 2016)

PERSEPSI PENGGUNA SERTA FAKTOR-FAKTOR PENGEMBANGAN SARANA DAN PRASARANA PELABUHAN PENYEBERANGAN ULEE LHEUE (rio oktaparizki, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy