//

KONDISI SOSIAL EKONOMI PETANI CENGKEH DI GAMPONG PAYA SEUNARA KECAMATAN SUKAKARYA KOTA SABANG

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Wahyudi - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Wahyudi. 2016. Kondisi Sosial Ekonomi Petani Cengkeh di Gampong Paya Seunara Kecamatan Sukakarya Kota Sabang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Zakaria, M. Ed., (2) Dra. Ruaida, M.Si Kata kunci : kondisi sosial ekonomi petani cengkeh, pendapatan, pengeluaran Penelitian yang berjudul “Kondisi Sosial Ekonomi Petani Cengkeh di Gampong Paya Seunara Kecamatan Sukakarya Kota Sabang” ini mengangkat masalah bagaimana kondisi sosial ekonomi petani cengkeh di gampong paya seunara Kecamatan Sukakarya Kota Sabang meliputi status pekerjaan, status pendidikan, sumber modal, kepemilikan lahan, biaya operasional dan pendapatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi sosial ekonomi petani cengkeh di gampong paya seunara Kecamatan Sukakarya Kota Sabang. Populasi pada penelitian ini adalah keseluruhan petani cengkeh yang berjumlah 10 orang, sampel pada penelitian ini adalah 10 orang petani cengkeh, metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kondisi sosial ekonomi petani, seperti jenis pekerjaan semua petani bermata pencaharian sebagai petani cengkeh, status pendidikan mereka mayoritas hanya sampai jenjang SMP/Sederajat, sumber modal yang mereka peroleh rata-rata berasal dari hasil menabung, 8 orang petani memiliki lahan milik sendiri dan 2 orang petani lainnya tidak memiliki lahan namun mereka menggarap lahan milik orang lain. Rata-rata biaya operasional yang dikeluarkan oleh petani dalam setahun adalah Rp 2.018.000. Rata-rata pendapatan bersih yang diterima oleh petani dalam setahun adalah Rp 13.017.000. Jika dilihat dari segi pendapatan mereka maka pendapatan bersih tersebut tentunya tidak mencukupi kebutuhan mereka dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari dan menyekolahkan anaknya, namun mereka memiliki usaha lain yang tentunya dapat menambah penghasilan mereka, usaha lain yang mereka kerjakan adalah seperti menanam tanaman muda, berjualan (jual ikan, ayam, sapi dan lain-sebagainya), usaha rumah tangga (membuat kue, dodol dan gongseng kelapa) dan hasil perkebunan lainnya. Disarankan penelitian yang berhubungan dengan kondisi sosial ekonomi petani cengkeh di gampong paya seunara Kecamatan Sukakarya Kota Sabang dapat dilanjutkan oleh peneliti lain, sehingga dapat terungkap hal-hal yang belum terungkap melalui penelitian ini.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS FINANSIAL PADA USAHATANI CENGKEH RAKYAT DI DESA PAYA SENARA KECAMATAN SUKAKARYA KOTA SABANG (Maimun Salem, 2013)

INVENTARISASI SPESIES IKAN AIR TAWAR DI SUNGAI GAMPONG ALUE JABARNDAN SUNGAI PRIA LAOT KECAMATAN SUKAKARYARNKOTA SABANG (Sita Marsita, 2014)

PERKEMBANGAN PEREKONOMIAN PETANI CENGKEH DI KECAMATAN TEUPAH BARAT KABUPATEN SIMEULUE 1970-2014 (Nur Hidayah, 2017)

DINAMIKA SOSIAL EKONOMI PETANI KARET GAMPONG ALUE TAMPAK, KECAMATAN KAWAY XVI, KABUPATEN ACEH BARAT, 1986-2014 (yusnidar, 2015)

KONDISI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT PETANI PADI (SUATU PENELITIAN DI GAMPOENG LAM BEUTONG, KECAMATAN INDRAPURI, KABUPATEN ACEH BESAR) (SUATU PENELITIAN DI GAMPOENG LAM BEUTONG, KECAMATAN INDRAPURI, KABUPATEN ACEH BESAR) (Feri Iswandi, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy