//

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI SEGI EMPAT DI KELAS VII MTSN KUTA BARO

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Lailatul Qadrina - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe STAD, ketuntasan belajar, hasil belajar, materi segi empat Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat siswa dalam mempelajari matematika, terutama pada materi segi empat menunjukkan bahwa hasil belajar yang memprihatinkan dalam pembelajaran dan ini membuat dampak yang tidak baik terhadap ketuntasan hasil belajar siswa.Terkait dengan hal tersebut, maka dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat mencapai ketuntasan hasil belajar diantaranya adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Tujuan dari penelitian ini adalah; 1) Untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa setelah diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada materi Segi Empat di kelas VII MTsN Kuta Baro, 2) Untuk melihat kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, 3) untuk melihat aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain one shot case study. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII MTsN Kuta Baro, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-2 MTsN Kuta Baro sebanyak 22 orang.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar yang dilaksanakan setelah pembelajaran materi segi empat berakhir, pengamatan kemampuan mengajar guru dan aktivitas siswa dengan model kooperatif tipe STAD. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan (α )= 0,05. Hasil penelitian di dapat nilai thitung>ttabel atau 4,09>1,72 maka H_o ditolak. Hal ini berarti bahwa “melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD hasil belajar siswa dapat mencapai ketuntasan pada materi segi empat di kelas VII-2 MTsN Kuta Baro”. Observasi kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD mencapai kategori baik. Dan aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan model kooperatif tipe STAD sudah efektif.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI SEGI EMPAT DI KELAS VRNSD NEGERI 2 PEUKAN BADA (MAILA PUSPITA SARI, 2015)

PROFIL AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII-3 PADA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) MATERI GETARAN DAN GELOMBANG DI MTSN RUKOH BANDA ACEH (IRFANDI RAHMAT, 2016)

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP MATERI SEGI EMPAT DI KELAS VII SMP NEGERI 1 TAPAKTUAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013 (Fauzi, 2013)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE RNTAKE AND GIVE PADA MATERI FUNGSI DI KELAS VIIIRN SMP NEGERI 1 KUTA BARO (MAYSARAH FITRI, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD RNPADA MATERI SEGI EMPAT DI KELAS VII SMPN 2 RNBANDA ACEH TAHUN AJARAN 2012/2013 (Aiya Maghfirah, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy