//

NOTASI TARI MEUGROB DI GAMPONG PULO LUENG TEUGA KECAMATAN GLUMPANG TIGA KABUPATEN PIDIE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nanda Putri Zuhra - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Notasi, tari, Meugrob Penelitian ini berjudul, “ Notasi Tari Meugrob Di Gampong Pulo Lueng Teuga Kecamatan Glumpang Tiga Kabupaten Pidie”. Mengangkat masalah bagaimanakah notasi tari Megrob di Gampong Pulo Lueng Teuga Kecamatan Glumpang Tiga Kabupaten Pidie. Penelitian ini bertujuan untuk menotasikan tari Meugrob di Gampong Pulo Lueng Teuga Kecamatan Glumpang Tiga Kabupaten Pidie. Sumber data dalam penelitian ini adalah ureung tuha gampong, Geuchik, Sekdes, ketua Meugrob, penari Meugrob serta masyarakat Gampong Pulo Lueng Teuga. Pengumpulan data dilakukan dengan beberapa cara yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi dengan menggunakan panduan observasi, panduan wawancara, serta kamera digital untuk mengambil gambar dan video tari Meugrob tersebut untuk mendapatkan data yang lengkap dan valid. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yang mana data dituliskan dengan sebenar-benarnya berdasarkan data yang telah diperoleh dilapangan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data diolah dan dianalisis dengan cara reduksi data, data display serta verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tari Meugrob memiliki sepuluh ragam gerakan yaitu Tienggong (jongkok), Sinthop (hentak), Tiekui (merundukkan), Chep-Chep (hentak-hentak), Grietan Apui (kereta api), Meugiek-Giek (saling berpelukan), Moto Teng (mobil teng), Meuayon (berayun), Meulienggong-Lienggong (meliak-liuk), Meugiek Sira Meuwet (berpelukan sambil berputar).

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

SYAIR DAN MAKNA SALI-WALE PADA UPACARA ADAT PERKAWINAN DI GAMPONG PULO LUENG TEUGA KECAMATAN GLEUMPANG TIGA KABUPATEN PIDIE (Saharani, 2017)

ANALISIS KELAYAKAN USAHATANI KAKAO DI KECAMATAN GLUMPANG TIGA KABUPATEN PIDIE (Reza rizki, 2013)

JENIS-JENIS SERANGGA PADA POHON DURIAN (DURIO ZIBETHINUS L)RNDI KAWASAN GAMPONG PULO SEUNONG KECAMATANRNTANGSE KABUPATEN PIDIE (Rifki Mufti, 2015)

KERAGAMAN KUPU-KUPU YANG TERDAPAT DI GAMPONG LAMTENG PULORN NASI KECAMATAN PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESARRNKERAGAMAN KUPU-KUPU YANG TERDAPAT DI GAMPONG LAMTENG PULORN NASI KECAMATAN PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESARRNKERAGAMAN KUPU-KUPU YANG TERDAPAT DI GAMPONG LAMTENG PULORN NASI KECAMATAN PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESARRNKERAGAMAN KUPU-KUPU YANG TERDAPAT DIGAMPONG LAMTENG PULO NASI KECAMATAN PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESAR (Zukira, 2014)

EKSISTENSI TARI RATEB MEUSEKAT DI GAMPONG MEUDANG ARA BARO KECAMATAN BLANG PIDIE KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (Badril Ummir, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy