//

PROSES PEMBELAJARAN OLEH GURU MATA PELAJARAN PRAKARYA DI SMP NEGERI 11 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Miftahul Jannah - Personal Name

Abstrak/Catatan

Cut Miftahur Jannah. 2016. Proses Pembelajaran Oleh Guru Mata Pelajaran Prakarya di SMP Negeri 11 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Mukhirah, M.Pd., (2) Dra. Rosmala Dewi, M.Pd. Kata kunci: proses pembelajaran, guru, mata pelajaran prakarya Penelitian ini berupaya mengungkapkan bagaimana proses pembelajaran oleh guru yang bukan dari latar belakang pendidikan keahliannya di kelas VIII dan IX SMP Negeri 11 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses pembelajaran oleh guru mata pelajaran prakarya, langkah-langkah pembelajaran pada keterampilan guru mengajar dan tanggapan siswa terhadap keterampilan guru mengajar. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian berjumlah 6 orang, 2 guru dan 4 siswa yang mewakili tiap-tiap kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan model Miles and Huberman, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisa data, temuan penelitian ini dapat dikemukakan sebagai berikut. Proses pembelajaran oleh guru mata pelajaran prakarya yang bukan dari latar belakang pendidikan keahliannya. Guru tidak dapat menguasai materi ajar secara optimal, media, model, dan sumber pembelajaran tidak dimanfaatkan sebagaimana mestinya. Langkah-langkah pembelajaran oleh kedua guru mata pelajaran prakarya belum optimal, kedua guru tidak melakukan langkah-langkah pembelajaran yang meliputi, kegiatan membuka, kegiatan inti, dan menutup pelajaran seperti yang diharapkan. Tanggapan siswa terhadap guru menyatakan bahwa, ketertarikan mereka belajar mata pelajaran prakarya sangatlah baik, Namun, keadaan guru yang kurang memadai membuat mereka menjadi kurang tertarik belajar mata pelajaran prakarya. Simpulan penelitian ini adalah proses pembelajaran prakarya dikelas VIII dan IX di SMP Negeri 11 Banda Aceh meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi. Proses pembelajaran oleh guru mata pelajaran prakarya dari penguasaan guru terhadap materi ajar yang diberikan belum memadai, media/model, dan sumber pembelajaran tidak diterapkan sebagaimana layaknya seorang guru profesional, sehingga proses belajar mengajar kurang optimal.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA DI MAN I BANDA ACEH (Sri Rizki Fitria, 2016)

PERSEPSI GURU TENTANG MATA PELAJARAN SBDP DALAM KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI 12 BANDA ACEH (INA NILLAILI, 2018)

MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE FIELD MARKET PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN ( PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA SMA NEGERI 5 BANDA ACEH ) (Jihan Zanjabila, 2016)

PERSEPSI SISWA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) DI SMP NEGERI 3 KLUET UTARA KABUPATEN ACEH SELATAN (ZALEKHA, 2014)

PROSES PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENJASORKES DI SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (Rauwani, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy