//

PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DALAM PEMETAAN DAN ANALISIS SPASIAL LOKASI RAWAN PENCURIAN SEPEDA MOTOR DI BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ayu Nanda Sari - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Informasi tentang tingginya kejadian kriminal sangat penting bagi masyarakat dan penegak hukum. Informasi tersebut sangat berguna bagi masyarakat umum untuk tindakan antisipasi. Dengan adanya informasi, para penegak hukum juga bisa menggunakan informasi tersebut untuk mengetahui pola sebaran dan lokasi yang rawan terhadap pencurian sepeda motor. Penyajian informasi kriminal bisa ditampilkan dalam sebuah peta yang informatif. Saat ini, pemetaan kriminal belum pernah dilakukan di Polresta kota Banda Aceh. Hal ini disebabkan oleh minimnya sumber daya manusia dan juga peralatan yang mendukung. Pihak Polresta hanya mencatat setiap tindakan kriminal dalam sebuah tabel sederhana di komputer. Penerapan Sistem Informasi Geografis (SIG) ini dilakukan dengan menggunakan Standard Deviational (Ellipse) dan mean center digunakan untuk menganalisis pola sebaran pencurian sepeda motor di kota Banda Aceh. Kemudian, untuk menentukan lokasi rawan pencurian sepeda motor dilakukan dengan metode Density Mapping. Dari hasil analisa menggunakan Density Mapping dapat diketahui bahwa lokasi rawan terjadinya pencurian sepeda motor berada pada Kecamatan Syiah Kuala, khususnya desa Kopelma Darussalam dan Rukoh. Analisa pola sebaran menunjukkan bahwa lokasi pencurian sepeda motor tersebar sepanjang jalan utama dari pusat kota menuju Kecamatan Syiah Kuala, dengan pusat sebaran (mean center) berada pada desa Kota Baru, Kecamatan Kuta Alam. Kata kunci : Density Mapping, Pemetaan Kriminal, Standard Deviational (Ellipse) dan Mean Center.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DIGITASI TOWER BTS KOTA BANDA ACEH DAN INFRASTRUKTUR SEKITARNYA DENGAN MENGGUNAKAN DATA SATELIT BERESOLUSI TINGGI (Sri Sofyani, 2015)

PERANCANGAN SISTEM PENGAMAN SEPEDA MOTOR DENGAN MEMANFAATKAN GELOMBANG RADIO (Yulia Kifli, 2015)

PEMANFAATAN DATA PENGINDERAAN JAUH UNTUK PEMETAAN DAERAH RAWAN TANAH LONGSOR DI KABUPATEN KARO SUMATERA UTARA (Muliadi Sembiring, 2017)

AUTO GEOPROCESSING PEMETAAN DAERAH RAWAN BANJIR BERBASIS GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM (NIZAR PURNAMA, 2018)

IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS(SIG) TEMPAT LAYANAN KESEHATAN DI KOTA BANDA ACEH BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN FRAMEWORK CI (DEDI SAPUTRA, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy