//

PERKEMBANGAN DAYAH KHAZANATUL HIKAM BLANGPIDIE KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (ABDYA) TAHUN 1986-2014

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nora Mustika - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : Perkembangan, Dayah Khazanatul Hikam. Penelitian ini berkaitan dengan perkembangan Dayah Khazanatul Hikam Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya, 1986-2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui latar belakang berdirinya Dayah Khazanatul Hikam Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya tahun 1986-2014, untuk mengetahui perkembangan Dayah Khazanatul Hikam Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya tahun 1986-2014 dan mengetahui pengaruh Dayah Khazanatul Hikam Blangpidie terhadap masyarakat Kabupaten Aceh Barat Daya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitian yang penulis gunakan adalah metode sejarah, yang terdiri dari lima langkah kerja yaitu pemilihan tema, heuristik, verifikasi, interpretasi dan historiografi. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer adalah berupa data yang bersifat lisan ataupun tulisan, data ini didapatkan dengan hasil wawancara. Sedangkan data sekunder adalah data yang bersifat mendukung terhadap penelitian dan data ini didapatkan selama penelitian berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Dayah Khazanatul Hikam didirikan pada tanggal 1 Maret 1986 oleh Yayasan Tgk. H. Abdurrahman Badar di Desa Kutatinggi Kecamatan Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya, Dayah Khazanatul Hikam sudah mulai berkembang seiring dengan perkembangan zaman, ditandai jumlah santri pada tahun 1986 berjumlah 250 orang, selanjutnya pada masa sekarang jumlah santri bertambah mencapai 263 orang, 111 santriwan dan 152 santriwati. Konstribusi Dayah terhadap masyarakat Kabupaten Aceh Barat Daya adalah alumni-alumni dari Dayah Khazanatul Hikam banyak mendirikan cabang dayah. Kemudian alumni-alumni dari Dayah Khazanatul Hikam juga banyak yang sudah bekerja di instansi-instansi pemerintah.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERKEMBANGAN DAYAH DARUL ULUMUDDINIYAH DESA RAMBONG KECAMATAN SETIA KABUPATEN ACEH BARAT DAYA, 1952-2014 (Indah Lestari, 2015)

PERANCANGAN KAWASAN PANTAI CEMARA INDAH DI BLANGPIDIE (Sahibul Kiram, 2015)

PERKEMBANGAN PENDIDIKAN DI KOTA BLANGPIDIE PASCA KEMERDEKAAN, 1945-2014 (Rahmad Nuriman, 2016)

EVALUASI DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI PADA ATLET BOLA VOLI SMA NEGERI 1 KUALA BATEE ABDYA TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (SELAMAT, 2015)

DINAMIKA SOSIAL EKONOMI PETANI KARET GAMPONG ALUE TAMPAK, KECAMATAN KAWAY XVI, KABUPATEN ACEH BARAT, 1986-2014 (yusnidar, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy