//

ANALISIS POTENSI LIKUIFAKSI LAPISAN PASIR PADA PEMBANGUNAN FLYOVER SIMPANG SURABAYA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Reyhan Maghfira - Personal Name

Abstrak/Catatan

Gempa bumi merupakan peristiwa berguncangnya permukaan bumi akibat pelepasan energi secara tiba-tiba dengan berbagai intensitas. Aceh merupakan daerah rawan bencana dan termasuk daerah yang aktif gempa karena berada pada jalur pertemuan dua lempeng bumi, yaitu lempeng Indo-Australia dan Eurasia. Salah satu risiko yang disebabkan oleh gempa bumi adalah likuifaksi yang merupakan keruntuhan struktur tanah. Likuifaksi sangat rentan terjadi pada tanah pasir dan jenuh air. Kondisi yang paling mungkin mengakibatkan terjadinya likuifaksi adalah jika terdapat lapisan pasir yang dikombinasikan dengan muka air tanah yang tinggi sehingga tanah akan mencair dan berperilaku sebagai fluida dan tidak mempunyai kekuatan lagi untuk menopang bangunan diatasnya. Berdasarkan data penyelidikan tanah yang dikumpulkan dari data sekunder, tanah di lokasi pembangunan Flyover Simpang Surabaya Banda Aceh cenderung berpasir sehingga mempunyai potensi terjadi likuifaksi. Maka dari itu perlu dihitung agar dapat menghindari keruntuhan bangunan. Tujuan dari perhitungan ini adalah untuk mengetahui lebih awal potensi terjadinya keruntuhan struktur tanah akibat likuifaksi pada saat terjadi gempa bumi. Likuifaksi dapat dihitung dengan menganalisis profil borlog, nilai N SPT, kerapatan relatif, berat volume tanah dan nilai parameter gempa menggunakan metode Seed & Idriss (1971), Whitman (1971), dan Valera & Donovan (1977). Hasil studi ini menunjukkan secara garis besar terjadi likuifaksi pada Flyover Simpang Surabaya. Hasil perhitungan likuifaksi menggunakan metode Seed & Idriss (1971) berpotensi likuifaksi, kecuali pada magnitude 8 SR tidak berpotensi likuifaksi karena pusat gempa jauh dari lokasi penelitian sehingga percepatan gempa di permukaan tanah kecil. Metode Whitman (1971) juga berpotensi likuifaksi tergantung dengan lapisan yang ditinjau, semakin dalam lapisan pasir maka tidak berpotensi likuifaksi. Metode Valera & Donovan (1977) likuifaksi lebih beragam tergantung dengan besaran magnitude yang terjadi. Analisis potensi likuifaksi ini bermanfaat untuk menghindari potensi terjadinya likuifaksi dengan melakukan pencegahan peningkatkan tekanan air pori secara mendadak.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS POTENSI LIKUIFAKSI LAPISAN PASIR PADA PEMBANGUNAN FLYOVER SIMPANG SURABAYA BANDA ACEH (Reyhan Maghfira, 2016)

ANALISIS POTENSI LIKUIFAKSI LAPISAN PASIR PADA LOKASI JEMBATAN KRUENG CUT (MENGGUNAKAN METODE KISHIDA, WHITMAN DAN VALERA & DONOVAN) (Akmal Zulfi, 2016)

ANALISIS BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN PADA MASA DAN PASCA PEMBANGUNAN KONSTRUKSI FLYOVER KAWASAN SIMPANG SURABAYA (STUDI KASUS : JALAN TGK. CHIK DITIRO DAN JALAN TGK. IMUEM LUENG BATA KOTA BANDA ACEH) (RISKA WULANDARI, 2017)

STUDI DAMPAK LALU LINTAS KAWASAN AKIBAT PEMBANGUNAN JALAN LAYANG (FLYOVER) SIMPANG SURABAYA DAN JALAN LINTAS BAWAH (UNDERPASS) KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH (DEDEK ARIANSYAH, 2017)

ANALISIS POTENSI LIKUIFAKSI LAPISAN PASIR PADA LOKASI JEMBATAN LAMBARO, ACEH BESAR (MENGGUNAKAN METODE ANALISIS KISHIDA, WHITMAN, DAN SEED & IDRIS) (Lia Amalia, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy