//

KAJI EKSPERIMENTAL KARAKTERISTIK REDUKTIVITAS BIJIH BESI DENGAN METODE DIRECT REDUTION IRON

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mendra Gunarta - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pemenuhan kebutuhan akan baja merupakan hal mendasar dalam pembangunan suatu negara. Hingga dekade 2010, kebutuhan dunia terhadap baja telah mencapai 1500 juta ton. Indonesia memiliki sumber daya biji besi yang melimpah dan berpotensi menjadi negara penghasil baja dunia. Beragamnya biji besi Indonesia mendorong perlu dilakukannya pemilihan teknologi yang sesuai. Teknologi Direct Reduction Iron (DRI) menjadi pilihan untuk menghasilkan besi sponge sebagai suplai kebutuhan industri baja nasional. Pengujian DRI skala laboratorium telah dilakukan yang bertujuan untuk mengetahui karakteristik reduktivitas biji besi serta besar pengaruh media perekat briket dhi. perekat tar, aspal dan bentonit pada proses reduksi yang dilakukan pada temperatur 450, 600 dan 750ºC. Dari hasil pengujian diperoleh angka fraksi tereduksi briket biji besi berperekat tar, aspal dan bentonit terbesar terjadi pada temperatur 750ºC, secara berurutan yaitu 17,15%, 12,55% dan 9,39%. Angka energi aktivasi terkecil juga terjadi pada temperatur 750ºC, yaitu Ebentonit = 2,93×10-2 Jmol-1K-1, Easpal = 8,38×10-2 Jmol-1K-1 dan Etar = 12,05×10-2 Jmol-1K-1. Sedangkan nilai konstanta reduksi (ln k) briket biji besi dengan varian perekat adalah: 14,83 (perekat tar); 10,31 (perekat aspal); 3,61 (perekat bentonit). Secara kualitatif, briket biji besi perekat tar merupakan briket dengan karakteristik reduksi paling baik dibandingkan briket berperekat lainnya. Kata Kunci: reduksi biji besi, batubara muda, temperatur reduksi, media perekat

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJI EKSPERIMENTAL KARAKTERISTIK REDUKTIVITAS BIJIH BESI DENGAN METODE DIRECT REDUTION IRON (Mendra Gunarta, 2016)

KAJI EKSPERIMENTAL KARAKTERISTIK DEGRADASI BRIKET BIJIH BESI CAMPURAN BATUBARA MUDA (Muhammad Afif, 2016)

INDENTIFIKASI MINERAL DAN KARAKTERISASI SIFAT MAGNETIK PADA BATUAN BIJIH BESI LHOONG KABUPATEN ACEH BESAR (Yusnidar MN, 2013)

KARAKTERISTIK BIJIH BESI DI KAWASAN BABAHROT, ACEH BARAT DAYA (Cut Yasinta, 2013)

DELINEASI POTENSI MINERAL BIJIH BESI BERDASARKAN ANOMALI MEDAN MAGNETIK DI KECAMATAN LHOONG KABUPATEN ACEH BESAR (MUHAMMAD KAMAL, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy