//

PERAN METODE GEOFISIKA DEKAT PERMUKAAN DALAM MENDUKUNG MITIGASI BENCANA GEMPA BUMI (STUDI KASUS SURVEY METODE GEOLISTRIK PADA SEGMEN SEULIMEUM, DESA LAMTAMOT, KABUPATEN ACEH BESAR)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Risma Sunarty - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Aceh merupakan sebuah kawasan seismic gap yang berpotensi menghasilkan gempa bumi yang bersumber dari daratan. Desa Lamtamot merupakan salah satu daerah yang di lalui oleh jalur Patahan Sumatera Segmen Seulimeum, namun keberadaan jalur patahan di wilayah ini sulit ditentukan secara geomorfologi karena tingginya proses erosi, deposisi, dan pengalihan fungsi lahan oleh masyarakat. Pengukuran metode geolistrik dekat permukaan telah dilakukan sebagai upaya untuk pemetaan jalur patahan Sumatera segmen Seulimeum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lokasi patahan dekat permukaan dicirikan oleh zona rekahan dengan nilai resistivitas yang rendah. Ditemukannya patahan dekat permukaan di lokasi tersebut perlu diwaspadai karena sewaktu-waktu akan menimbulkan bahaya gempa bumi yang bersifat merusak. Pentingnya tindakan mitigasi bencana bagi pemerintah, peneliti dan masyarakat guna mengurangi risiko bahaya gempa bumi. Tindakan mitigasi mitigasi struktural dengan memperkuat struktur dan rekayasa bangunan sedangkan kajian non-struktural meliputi regulasi, pengkajian risiko, desain rekayasa, disseminasi desain rekayasa dan transfer pengetahuan harus untuk mengurangi risiko bencana. Kata Kunci: Metode Geofisika, Resistivitas, mitigasi bencana, gempa bumi

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DISTRIBUSI RESISTIVITAS LISTRIK UNTUK PEMETAAN PATAHAN SEGMEN SEULIMEUM DI KAWASAN LAMTAMOT ACEH BESAR (muchtar kusuma, 2016)

HUBUNGAN KEARIFAN LOKAL DENGAN KESIAPSIAGAAN BENCANA GEMPA BUMI DAN TSUNAMI DI MASYARAKAT ACEH BESAR (Hendri Ardian Fikri, 2018)

APLIKASI METODE VERY LOW FREQUENCY (VLF) UNTUK IDENTIFIKASI STRUKTUR DANGKAL ZONA SESAR PADA SEGMEN SEULIMEUM DI COT ABEUK,PULAU WEH (Intan Maharani, 2018)

MITIGASI BENCANA GEMPA BUMI BAGI DIFABEL DI KABUPATEN ACEH TENGAH TAHUN 2015 (Muhammad Daud, 2016)

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT PENGETAHUAN PERAWAT PUSKESMAS TENTANG KEGAWATDARURATAN MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI DAN TSUNAMI (Cut Hasanuddin, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy