//

DAMPAK KEHADIRAN PT.BUMI BABAHROT TERHADAP KONDISI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DI DUSUN ALUE ARA KABUPATEN ACEH BARAT DAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ita Mulyana - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini berjudul “Dampak Kehadiran PT.Bumi Babahrot Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Dusun Alue Ara Kabupaten Aceh Barat Daya”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak kehadiran PT.Bumi Babahrot terhadap kondisi sosial ekonomi masyarakat Dusun Alue Ara Kabupaten Aceh Barat Daya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah masyarakat Dusun Alue Ara dan objek penelitian adalah PT.Bumi Babahrot. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi dan wawancara, sedangkan teknik analisis data yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kehadiran PT.Bumi Babahrot memberikan dampak positif terhadap kondisi sosial ekonomi masyarakat Dusun Alue Ara Kabupaten Aceh Barat Daya. Adapun dampak positif tersebut meliputi kesempatan kerja yang diberikan oleh PT.Bumi Babahrot kepada Masyarakat Dusun Alue Ara, perpindahan pekerjaan dimana sebelumnya mayoritas penduduk Dusun Alue Ara memiliki mata pencaharian sebagai petani kemudian menjadi karyawan di PT.Bumi Babahrot. Serta memberikan pengalaman kerja baru bagi masyarakat Dusun Alue Ara yang sebelumnya belum pernah mendapat pekerjaan dengan menerima gaji bulanan. Serta adanya recognisi untuk tanah milik masyarakat yang menjadi area pertambangan PT.Bumi Babahrot, yang memberikan modal besar bagi masyarakat untuk membeli tanah perkebunan yang dengan itu dapat memberikan hasil panen yang lebih baik agar memperoleh pendapatan yang lebih baik pula. Hal ini diantaranya dikarenakan lahan pertanian yang lebih luas, dan beralih dari sebelumnya menanam tanaman cabe, sekarang memiliki perkebunan kelapa sawit yang memberikan pendapatan lebih baik. Dengan memiliki pekerjaan tetap, memiliki pekerjaan sampingan dan pertanian yang lebih baik, yang kemudian memperoleh pendapatan yang meningkat, hal ini memberikan dampak positif bagi kondisi sosial ekonomi masyarakat Dusun Alue Ara yang meliputi: pendidikan anakanak yang lebih baik, memberikan pengalaman kerja, pekerjaan sampingan, fasilitas yang dimiliki masyarakat, pendapatan dan terhadap kondisi rumah masyarakat Dusun Alue Ara yang semakin baik dan sangat layak hun.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DAMPAK GEMPA BUMI TERHADAP SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT PIDIE JAYA DI GAMPONG KUTA PANGWA KECAMATAN TRIENGGADENG (ISDA KAMALIYATUL HUS, 2018)

EKSISTENSI TRADISI MEUROH DI GAMPONG ALUE TRIENGGADENG KECAMATAN LEMBAH SABIL KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (Khairil Anwar, 2017)

DINAMIKA SOSIAL EKONOMI PETANI KARET GAMPONG ALUE TAMPAK, KECAMATAN KAWAY XVI, KABUPATEN ACEH BARAT, 1986-2014 (yusnidar, 2015)

DAMPAK PERALIHAN PEKERJAAN TERHADAP KONDISI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DI DESA SUAK RAYA KABUPATEN ACEH BARAT (Amelia Syawal, 2018)

BENTUK DAN NILAI KERJASAMA PT. FAJAR BAIZURY & BROTHERS DENGAN MASYARAKAT SEKITAR DI DESA BABAHROT KECAMATAN TADU RAYA KABUPATEN NAGAN RAYA (SAFRIJAL, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy