//

TANGGAPAN MAHASISWA PRODI EKONOMI FKIP UNSYIAH TERHADAP BIMBINGAN YANG DIBERIKAN OLEH GURU PAMONG

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rusmalina - Personal Name

Abstrak/Catatan

Dalam konteks program pengalaman lapangan, pelatihan keterampilan pembelajaran dan tugas-tugas keguruan lainnya merupakan pelatihan yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa dibawah bimbingan yang intensif dari guru pamong. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana tanggapan mahasiswa terhadap bimbingan yang diberikan oleh guru pamong. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2012 UNSYIAH berjumlah 55 orang dan yang menjadi sampel adalah seluruh populasi yang ada. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik kuesioner yang merupakan teknik pengumpulan data dengan cara memberikan seperangkat pertanyaan tertulis kepada responden. Peneliti menafsirkan data untuk setiap aspek yang diamati menggunakan skala likert. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistic deskriptif dengan perhitungan persentase. Berdasarkan hasil analisis data, temuan penelitian ini dapat dikemukakan sebagai berikut: (1) Angka rata-rata tanggapan mahasiswa terhadap bimbingan guru pada pelatihan keterampilan pembelajaran yang meliputi aspek persiapan belajar mengajar dengan skor rata-rata adalah 3,43 dan tergolong kategori baik, aspek hubungan mahasiswa dengan peserta didik dengan skor rata-rata adalah 3,13 dan tergolong kategori cukup, aspek penerapan keterampilan dasar proses pembelajaran secara terintegrasi dengan skor rata-rata 4.54, rata-rata skor dari keseluruhan aspek dalam pelatihan keterampilan pembelajaran adalah 3,37 dan berada pada kategori cukup. (2) Angka rata-rata tanggapan mahasiswa terhadap bimbingan guru pada pelatihan keterampilan tugas-tugas keguruan lainnya yang meliputi aspek perencanaan dan pelaksanaan administrasi sekolah dengan skor rata-rata adalah 3,29 dan tergolong dalam kategori cukup, aspek perencanaan dan pelaksanaan kegiatan non-pembelajaran dengan skor rata-rata adalah 3,22 dan tergolong dalam kategori cukup, rata-rata skor dari keseluruhan aspek dalam penelitian keterampilan tugas-tugas keguruan lainnya adalah 3,26 dan tergolong dalam kategori cukup. Simpulan penelitian ini adalah mahasiswa memiliki tanggapan yang positif dan juga negatif terhadap bimbingan yang diberikan guru pamong pada pelatihan keterampilan pembelajaran dan keterampilan tugas-tugas keguruan lainnya.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERSEPSI MAHASISWA PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)TERHADAP GURU PAMONG DI SMP NEGERI DAN SMA NEGERI SE-KOTA BANDA ACEH (muslizar, 2015)

TANGGAPAN MAHASISWA PRODI EKONOMI FKIP UNSYIAH TERHADAP BIMBINGAN YANG DIBERIKAN OLEH GURU PAMONG (Rusmalina, 2016)

HUBUNGAN PERSEPSI GURU PAMONG DENGAN NILAI MAHASISWA PPL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI FKIP UNSYIAHRN DI SMP SE-KOTA BANDA ACEH (HANISAH, 2015)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MEMBELI SECARA ONLINE PADA MAHASISWA PRODI EKONOMI FKIP UNSYIAH (Riza Husnilasari, 2014)

TANGGAPAN MAHASISWA TERHADAP PEMILIHAN PROGRAM STUDI FISIKA DI FKIP UNSYIAH (fazlun nazir, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy