//

PENGARUH PENGGUNAAN KIT FISIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK DI SMA NEGERI 16 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ferryana - Personal Name

Abstrak/Catatan

Ferryana. 2016. Pengaruh Penggunaan KIT Fisika Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Alat-Alat Optik Di SMA Negeri 16 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Susanna, M.Pd (2) Drs. Marwan AR M.Pd Kata kunci: kit fisika, hasil belajar, alat optik Penelitian ini mengangkat masalah apakah penggunaan KIT fisika berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi Alat–Alat Optik di SMA Negeri 16 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan KIT fisika terhadap hasil belajar siswa pada materi Alat–Alat Optik di SMA Negeri 16 Banda Aceh. Metode yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 16 Banda Aceh. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari dua kelas. Kelas X MIPA 1 (kelas kontrol) yang berjumlah 19 siswa dan kelas X MIPA 2 (kelas eksperimen) yang berjumlah 18 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes tulis melalui tes awal dan tes akhir. Setelah melakukan uji normalitas dan uji homogenitas diperoleh kedua kelas memiliki sampel dengan kemampuan yang sama. Hasil analisis data kemampuan tes akhir diperoleh t_hitung>t_tabel yaitu 2,65 > 1,69 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dari hasil analisis data, hasil belajar siswa kelas eksperimen melalui penggunaan KIT fisika lebih baik daripada hasil belajar siswa kelas kontrol yang tidak menggunakan KIT fisika. Dengan demikian terdapat pengaruh penggunaan KIT fisika terhadap hasil belajar siswa pada materi Alat-Alat Optik di SMA Negeri 16 Banda Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE PROBLEM SOLVING DAN PROBLEM POSING PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK DI SMP NEGERI 8 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2013/ 2014 (Emilia, 2014)

PENGARUH PENGGUNAAN ALAT LABORATORIUM FISIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 8 BANDA ACEH PADA POKOK BAHASAN PENGUKURAN (Mestika Anggun Kencana, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION (ARCS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI ALAT-ALAT OPTIK PADA KELAS X MIA 4 DI SMA NEGERI 1 BANDA ACEH (Novri Arna, 2017)

PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING BERBASIS PERFORMANCE ASSESSMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 10 BANDA ACEH (Intan Putri, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ALAT OPTIK KELAS VIII 5 DI SMP NEGRI 18 BANDA ACEH (Mayangku Serungke S.yoga, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy