//

KAJIAN PENANGANAN GIZI BALITA PADA KONDISI KEDARURATAN BENCANA BANJIR DI KECAMATAN SAMPOINIET KABUPATEN ACEH JAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Salmayati - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kabupaten Aceh Jaya merupakan salah satu daerah di Provinsi Aceh rawan bencana banjir yang berdampak terhadap masalah kesehatan. Balita merupakan kelompok rentan yang harus mendapat perhatian dan penanganan secara khusus. Bencana banjir yang terjadi di Kecamatan Samponiet mengakibatkan masyarakat harus mengungsi implikasinya yang berpotensi pada krisis pangan dan gizi. Penelitian kualitatif ini bertujuan mengkaji penanganan gizi balita pada kondisi kedaruratan bencana banjir di Kecamatan Sampoiniet yang dilakukan selama satu bulan mulai tanggal 19 Februari sampai dengan 19 Maret 2016. Pengumpulan data dilakukan melalui fokus grup diskusi bagi ibu-ibu yang mengungsi dan mempunyai balita dan wawancara mendalam (indepth interview) bagi para stakeholder sebagai instansi penanggulangan bencana dalam Kabupaten Aceh Jaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi kedaruratan bencana banjir cara penanganan gizi balita belum dilakukan secara spesifik, tidak ada bahan makanan tersedia khusus yang diperuntukkan untuk balita, jumlah dan jenis makanan yang tersedia tidak sesuai dan belum dapat memenuhi kebutuhan gizi balita, keterbatasan sumber daya manusia untuk menangani gizi balita, keterbatasan dana dan cara pendistribusian bahan makanan. Disarankan kepada instansi terkait penanggulangan bencana untuk mengajukan usulan pengadaan makanan khusus untuk balita dengan jumlah yang cukup, jenis yang sesuai, kualitas yang baik serta berkoordinasi dengan lintas sektor untuk memperlancar pendistribusian bahan makanan. Kata kunci: penanganan gizi balita, ketersediaan bahan makanan, bencana banjir

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UPAYA ORANG TUA DALAM MENJAGA KESEHATAN ANAK BALITA ( STUDI DIKECAMATAN SAMPOINIET KABUPATEN ACEH JAYA (Zulva Mutia, 2016)

PENGARUH PENGETAHUAN GIZI IBU TENTANG POLA MAKAN TERHADAP STATUS GIZI BALITA DI DESA MEUNASAH MANYANG KECAMATAN INGIN JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (Maqfirah, 2015)

ANALISIS TINGKAT KINERJA BPBD KABUPATEN PIDIE DALAM MENGHADAPI BENCANA BANJIR (SYAWALUDDIN, 2016)

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN MOTIVASI IBU-IBU YANG MEMPUNYAI BALITA TENTANG PROGRAM POSYANDU DENGAN STATUS GIZI BALITA DIKECAMATAN MUTIARA TIMUR KABUPATEN PIDIE (Cut Nafitri, 2015)

HUBUNGAN POLA ASUH IBU DENGAN STATUS GIZI ANAK BALITA DI DESA PERKEBUNAN SERUWAY KECAMATAN SERUWAY KABUPATEN ACEH TAMIANG (FAZRINA, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy