//

PENINGKATAN KECEPATAN MEMBACA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SPRITZ

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang rahmati - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Rahmati, 2015, Peningkatan Kecepatan Membaca dengan Menggunakan Metode Spritz, Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, Pembimbing (1) Dr. Rajab Bahry, M.Pd., (2) Dr. Ramli M.Pd. Kata Kunci : Peningkatan Kecepatan Membaca, Metode Spritz Penelitian ini berjudul Peningkatan Kecepatan Membaca dengan Menggunakan Metode Spritz. Penelitian ini membahas tentang upaya meningkatkan kecepatan membaca siswa SMK Negeri 5 Telkom Banda Aceh dengan menggunakan metode Spritz. Penelitian ini berpijak berdasarkan permasalahan yang terjadi dilapangan yaitu (1) keluhan siswa ketika membaca teks yang panjang sedangkan waktu untuk membaca terbatas, (2) guru di sekolah kurang melatih kecepatan membaca siswa. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, penelitian ini dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan peningkatan kecepatan membaca dengan menggunakan metode Spritz pada siswa SMK Negeri 5 Telkom Banda Aceh. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan mulai tanggal 12 Mai sampai 25 Juni 2015. Data pada penelitian ini diperoleh dari data kecepatan membaca dengan prosedur membaca biasa, data kecepatan membaca dengan metode Spritz, dan data pemahaman bacaan dari membaca dengan prosedur keduanya. Dalam proses penelitian, peneliti memberikan pre-tes dengan membaca biasa. Selanjutnya, post-tes diberikan dengan cara menguji persentase pemahaman bacaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Spritz dapat meningkatkan kecepatan membaca siswa. Tingkat kecepatan membaca rata-rata siswa kelas XI SMK Negeri 5 Telkom Banda Aceh pada kemampuan membaca awal sebanyak 291 kpm. Jumlah tersebut dianggap sudah memadai. Untuk lebih meningkatkan lagi kecepatan membaca pada siswa di//berikan lima kali tes menggunakan metode Spritz. Setelah latihan tersebut menghasilkan rata-rata kecepatan membaca pada tes 1 sebanyak 305 kpm, tes kecepatan membaca 2 diperoleh rata-rata sebanyak 325 kpm, tes kecepatan membaca 3 diperoleh rata-rata sebanyak 394 kpm, tes kecepatan membaca 4 diperoleh rata-rata sebanyak 462 kpm, dan pada tes kecepatan membaca 2 diperoleh rata-rata sebanyak 565 kpm. Dari hasil membaca tersebut diperoleh pemahaman pada tes membaca awal sebanyak 74%, tes membaca 1 sebanyak 69%, tes membaca 2 sebanyak 66%, tes membaca 3 sebanyak 73%, tes membaca 4 sebanyak 73%, dan tes membaca 5 sebanyak 73%. Pemahaman memadai berada pada angka 70%, artinya dari tes membaca awal hingga tes membaca 5 hanya dua kali tes yang pemahaman bacaan tidak memadai. Hal itu terdapat pada tes membaca 1 dan tes membaca 2.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

TINGKAT KECEPATAN MEMBACA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 13 BANDA ACEH (Yulia Sari, 2017)

TINGKAT KECEPATAN MEMBACA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KEUMALA TINGKAT KECEPATAN MEMBACA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KEUMALA TINGKAT KECEPATAN MEMBACA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KEUMALA TINGKAT KECEPATAN MEMBACA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KEUMALA (Syarifah Soeraya, 2018)

KECEPATAN MEMBACA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 TANGSE (Roslina, 2016)

KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT SISWA KELAS V SD NEGERI 26 BANDA ACEH (AIZA FITRIA, 2015)

PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK MEMBACA SUPER GAYA ACCELERATED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS XI SMAN 1 KOTA LHOKSEUMAWE (Nuraiza, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy