//

PENGARUH VARIASI WAKTU TAHAN SINTERING TERHADAP KARAKTERISTIK HIDROKSIAPATIT DARI CANGKANG TELUR AYAM RAS SEBAGAI KANDIDAT BONE GRAFT

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang APRILIYANI ARISKA PUTRI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Telah dilakukan penelitian mengenai pengaruh variasi waktu tahan sintering terhadap karakteristik hidroksiapatit dari cangkang telur ayam ras sebagai material kandidat bone graft. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui sifat fisis dan sifat mekanik kandidat bone graft agar memenuhi karakteristik dari tulang alami. Pada penelitian ini dilakukan sintesis hidroksiapatit menggunakan sumber kalsium oksida CaO alami dari cangkang telur ayam ras setelah dikalsinasi pada temperatur 900⁰C selama 3 jam. Proses sintesis hidroksiapatit dilakukan menggunakan metode solid state reaction pada temperatur sintering 900⁰C selama 2 jam untuk mengetahui pembentukan senyawa hidroksiapatit. Pembentukan senyawa hidroksiapatit (Ca iii 10 (PO 4 ) 6 (OH) 2 ) dapat diketahui melalui pengujian XRD (X-Ray Difractometer). Hidroksiapatit hasil sintesis dibuat menjadi sampel bone graft menggunakan metode powder foaming pada temperature sintering 900⁰C dengan variasi waktu tahan sintering 30 menit, 90 menit dan 150 menit. Kemudian dilakukan karakterisasi sifat fisis (porositas) dan sifat mekanik (kuat tekan) pada masing-masing bone graft untuk mengetahui kesesuaian pada karakteristik tulang alami. Berdasarkan hasil pengujian XRD diketahui bahwa hidroksiapatit telah berhasil disintesis dari serbuk cangkang telur ayam ras. Berdasarkan hasil karakterisasi material bone graft menunjukkan bahwa proses sintering dan variasi waktu tahan sintering mempengaruhi sifat fisis (porositas) dan sifat mekanik (kuat tekan). Semakin tinggi variasi waktu tahan sintering, persentase porositas dan kuat tekan terus menurun. Berdasarkan hasil persentase porositas sampel bone graft sesuai dengan karakteristik tulang alami, dimana persentase porositas 3-4 % dapat diaplikasikan pada tulang cortical bagian ilium spacer dan berdasarkan nilai kuat tekan sebesar 18,8-22,1 MPa belum memenuhi untuk tulang cancellous (spongy). Kata Kunci : Cangkang telur ayam ras, hidroksiapatit, bone graft, metode solid state reaction, powder foaming, porositas, dan kuat tekan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

SINTESIS DAN KARAKTERISASI HIDROKSIAPATIT DARI CANGKANG KERANG DARAH (ANADARA GRANOSA) DENGAN VARIASI WAKTU TAHAN SINTERING (ULVIA, 2016)

STUDI PELAPISAN HIDROKSIAPATIT PADA STAINLESS STEEL 316L UNTUK APLIKASI COATING DENTAL IMPLANT (Ireka Salsabila, 2018)

IMMOBILISI SULFIDA ANORGANIK PADA CANGKANG TELUR AYAM YANG TERLAPISI KITOSAN SEBAGAI ADSORBEN ION MERKURI(II) TERLARUT (MELSI AGUSTIA ZULASMA, 2018)

PENGARUH VARIASI WAKTU TAHAN SINTERING TERHADAP KARAKTERISTIK COATING DENTAL IMPLANT BERBASIS HAP DARI TULANG SAPI (MAISARAH, 2015)

PENGARUH VARIASI TEMPERATUR SINTERING DAN LAMA PENGGILINGAN TERHADAP KARAKTERISTIK HIDROKSIAPATIT BERBASIS TULANG IKAN BANDENG (CHANOS-CHANOS FORSK) (Heti Nurindahsari, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy