//

PEMETAAN INDEKS POTENSI LAHAN PERTANIAN MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DI KABUPATEN PIDIE JAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mirza Aulia - Personal Name

Abstrak/Catatan

Lahan merupakan sumber daya alam yang diperlukan untuk pengembangan usaha pertanian. Potensi lahan memiliki arti penting dalam pengolahan lahan dan pemanfaatannya. Pemanfaatan lahan sebaiknya sesuai dengan potensi lahan yang dimiliki. Penelitian ini menggunakan lima parameter dalam menentukan Indeks Potensi Lahan (IPL) yaitu kemiringan lereng, litologi, jenis tanah, curah hujan dan kerawanan bencana banjir. Penelitian ini menggunakan metode pengharkatan dan metode tumpang susun. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah peta indeks potensi lahan Kabupaten Pidie Jaya. Peta tersebut menyajikan lima kelas potensi lahan yang terdiri dari kelas sangat rendah, kelas rendah, kelas sedang, kelas tinggi, dan kelas sangat tinggi. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa daerah dengan potensi lahan sangat rendah yaitu sebesar 38,19%, daerah dengan potensi lahan rendah yaitu sebesar 35,22%, daerah dengan potensi lahan sedang yaitu sebesar 25,89%, daerah dengan potensi lahan tinggi yaitu sebesar 0,23% dan daerah dengan potensi lahan sangat tinggi yaitu sebesar 0,47%. Kecamatan dengan indeks potensi lahan sangat tinggi yang terluas di Kabupaten Pidie Jaya terdapat di Kecamatan Bandar Baru dengan luas 243,43 ha. Kata kunci: potensi lahan, Sistem Informasi Geografis, pengharkatan, tumpang susun

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS POTENSI KEKERINGAN DAN RENCANA MITIGASI DALAM PENGELOLAAN AIR PADA LAHAN PERTANIAN DI KABUPATEN ACEH BESAR (Zahrial Fakri, 2017)

RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS WILAYAH PERTANIAN KABUPATEN PIDIE JAYA BERBASIS WEB (mutia muliana, 2014)

FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ALIH FUNGSI LAHAN SAWAH MENJADI LAHAN NON PERTANIAN DI KECAMATAN TANGSE KABUPATEN PIDIE (EKY SULAIKA, 2016)

ANALISIS KESESUAIAN PARAMETER PERAIRAN TERHADAP KOMODITAS TAMBAK MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) DI KABUPATEN PIDIE JAYA (FARHAN RAMADHANI, 2016)

ANALISIS KETIMPANGAN PEMBANGUNAN ANTARA KABUPATEN PIDIE DAN KABUPATEN PIDIE JAYA PASCA PEMEKARAN PADA TAHUN 2007 (RIZKI RAMADHAN, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy