//

PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mirunnisa - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Mirunnisa. Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis dan Motivasi Siswa melalui Model Discovery Learning. Matematika memiliki peranan penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan, karena matematika merupakan ilmu yang berkenaan dengan ide-ide, struktur-struktur dan hubungan-hubungan yang diatur secara logis yang berkaitan dengan konsepkonsep yang abstrak. Penguasaan matematika dapat diperoleh siswa melalui kemampuan penalaran dan motivasi. Namun kenyataan yang ditemukan bahwa penalaran dan motivasi siswa masih rendah, hanya sebagian dari skor ideal. Penalaran siswa dapat ditumbuhkan jika siswa aktif dalam kegiatan menemukan kembali konsep sehingga dapat memotivasi siswa dalam belajar. Model yang dapat melibatkan siswa aktif dan termotivasi dalam menemukan konsep terdapat dalam model discovery learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan penalaran matematis siswa yang diajarkan dengan model discovery learning, peningkatan motivasi siswa yang diajarkan dengan model discovery learning, dan interaksi antara model discovery learning dengan level siswa terhadap kemampuan penalaran matematis. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X SMA N 1 Peukan Pidie. Sampel dipilih dua kelas secara acak, kelas X5 diajarkan dengan discovery learning dan kelas X4 konvensional. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji-t didapatkan bahwa peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang diajarkan dengan model discovery learning lebih baik dari pada yang diajarkan dengan pendekatan konvensional, peningkatan motivasi siswa yang diajarkan dengan model discovery learning lebih baik dari pada yang diajarkan dengan metode konvensional, dan pengujian dengan ANAVA dua jalur didapatkan bahwa tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran discovery learning dengan level siswa terhadap kemampuan penalaran. Kata Kunci: Model Discovery Learning, Penalaran Matematis dan Motivasi.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MADRASAH TSANAWIYAH MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING (Listika Burais, 2016)

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH 8 (Ulfanuriza, 2018)

PENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TRIGONOMETRI DI SMA (NELLIANI, 2018)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BANDA ACEH (Hendra Susanto, 2016)

KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA SMP MELALUI MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) (LISA RISKIANA, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy