//

HUBUNGAN KADAR ADIPONEKTIN PLASMA DENGAN DERAJAT STENOSIS PADA PASIEN PENYAKIT JANTUNG KORONER DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rosdiana - Personal Name

Abstrak/Catatan

Abstrak HUBUNGAN KADAR ADIPONEKTIN PLASMA DENGAN DERAJAT STENOSIS PADA PASIEN PENYAKIT JANTUNG KORONER DI RSUD Dr. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH Latar Belakang Penyakit jantung koroner adalah suatu penyakit kardiovaskular yang disebabkan oleh penyumbatan aterosklerotik pada arteri koroner. Tingginya prevalensi PJK di Nanggroe Aceh Darussalam dan belum jelasnya peran adiponektin terhadap PJK mendorong penulis untuk membandingkan kadar adiponektin plasma dengan derajat beratnya stenosis pada PJK dalam rangka membantu pencegahan dan terapi PJK di masa yang akan datang. Metode Penelitian deskriptif bersifat observasional analitik dengan waktu pengukuran potong lintang pada 38 orang subjek penelitian yang dipilih secara consecutive sampling pada periode Januari hingga Juni 2016 di Poliklinik Kardiologi dan Ruang rawat inap Pelayanan Jantung Terpadu di RSUD Dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Parameter yang diperiksa adalah derajat stenosis (syntax score) dan kadar adiponektin plasma. Hasil penelitian dianalisa menggunakan uji t tidak berpasangan dan uji korelasi Pearson. Hasil Penelitian ini diikuti oleh 38 orang pasien PJK yang terbagi dalam 2 kelompok derajat stenosis yaitu 20 orang pada kelompok stenosis ringan (syntax score < 22) dan 18 orang pada kelompok stenosis sedang / berat ( 12 orang dengan syntax score 23- 32 dan 6 orang dengan syntax score ≥ 33), dan berdasarkan kadar adiponektin plasma subjek penelitian terbagi dalam dua kelompok yaitu 35 orang pada kelompok nilai adiponektin normal (≥ 3,58 μg/ml) pada pasien laki- laki, (≥ 2,56 μg/ml) pada pasien perempuan dan 3 orang pada kelompok nilai adiponektin rendah. Dari hasil uji korelasi Pearson dijumpai hubungan negatif antara kadar adiponektin plasma dengan derajat stenosis, r -0,357, p= 0,028. Pada uji t tidak berpasangan didapatkan perbedaan rerata kadar adiponektin plasma pada masing- masing kelompok stenosis, pada kelompok derajat stenosis ringan 9,80±6,90 dan kelompok derajat stenosis sedang/berat 5,17±2,94, p= 0,012. Kesimpulan Terdapat perbedaan kadar adiponektin plasma antara kedua kelompok derajat stenosis, semakin tinggi kadar adiponektin plasma, semakin rendah derajat stenosis. Kata kunci: Kadar adiponektin plasma, syntax score, PJK.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN KECEMASAN PASIEN YANG AKAN MENJALANIRNKATETERISASI JANTUNG DIRUMAH SAKIT UMUMRNDAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEHRNTAHUN 2013 (CUT NAJA SOVIA, 2014)

HUBUNGAN LIPATAN DIAGONAL CUPING TELINGA DENGAN KEJADIAN PENYAKIT JANTUNG KORONER (Eka Mulyana, 2015)

HUBUNGAN OBESITAS TERHADAP PENYAKIT JANTUNG KORONER DI POLI KLINIK JANTUNG RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Aisyatun, 2014)

HUBUNGAN DERAJAT ANEMIA DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISA DIRUMAH SAKIT UMUM DR. ZAINOEL ABIDINBANDA ACEH (Rizki Nanda Putra, 2016)

HUBUNGAN KADAR INTERLEUKIN-8 DENGAN FENOMENA ALIRAN LAMBAT PEMBULUH KORONER PADA PENDERITA PENYAKIT JANTUNG ISKEMIK (M. Fuad, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy