//

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERORIENTASI PENDIDIKAN BERKARAKTER

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Agussalim - Personal Name
SubjectMATHEMATICS
EDUCATIONAL MEDIA
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Matematika Unsyiah
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Pelaksanaan pembelajaran matematika terutama di SMP mengalami kendala, salah satunya adalah kurangnya perangkat pembelajaran yang mengaitkan materi pelajaran dengan konteks kehidupan sehari-hari siswa. Selain itu kurangnya perangkat pembelajaran yang memperhatikan aspek pengembangan karakter siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) berorientasi pendidikan berkarakter yang valid dan praktis. Proses pengembangan perangkat pembelajaran yang digunakan adalah modifikasi model dari Plomp (1997) yang terdiri dari empat fase, yaitu (1) fase investigasi awal, (2) fase desain, (3) fase realisasi/konstruksi, dan (4) fase tes, evaluasi, dan revisi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Syamtalira Aron Aceh Utara. Metode pengumpulan data dilakukan melalui lembar validasi ahli, tes hasil belajar, angket penilaian guru, angket respon siswa. Hasil validasi oleh ahli diperoleh bahwa RPP, buku siswa, Lembar Kerja Siswa (LKS), dan tes hasil belajar memiliki kriteria sangat valid, sedangkan buku guru memiliki kriteria valid. Hasil penilaian guru terhadap keterlaksanaan pembelajaran memiliki kategori baik. Respon siswa terhadap perangkat dan pelaksanaan pembelajaran, diantaranya 93% siswa menyatakan senang, dan 88% menyatakan baru, 96% tertarik, dan 96% menyatakan berminat untuk mengikuti pembelajaran selanjutnya.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

THE IMPLEMENTATION OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) IN TEACHING LISTENING SKILL TO SENIOR HIGH SCHOOOL STUDENTS (lia maisyarah, 2013)

THE OVERVIEW OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) IN TEACHING AND LEARNING ENGLISH FOR RNELEMENTARY SCHOOL LEVEL RN(A LIBRARY RESEARCH) (Fajrinur, 2014)

PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS MEDIA LOKAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KONSEP BUNYI DI SMP NEGERI 1 DARUSSALAM (WAHYUNI, 2013)

PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA OPERASI PECAHAN DI KELAS VII SMP NEGERI 3 BANDA ACEH (Ida Nursanty, 2015)

PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNDTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP N 1 PULO ACEH (Fatimah, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy