//

ANALISA KUALITAS AIR PADA SUMUR DANGKAL (SUMUR GALI) BERDASARKAN TINGKAT KEKERUHAN DI KECAMATAN LHOKNGA KABUPATEN ACEH BESAR BERBASIS SIG

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dede Putra Najamuddin - Personal Name

Abstrak/Catatan

Untuk memenuhi kehidupan sehari-hari dalam hal sumber daya air, sebagian besar masyarakat di Lhoknga telah menggunakan fasilitas air bersih sumur bor dan pelayanan air bersih PDAM. Ada juga masyarakat yang menggunakan sumur gali atau sumur dangkal sebagai sumber air bersih, salah satu alasan dari mereka yaitu karena pelayanan air bersih dari PDAM belum sepenuhnya menjangkau seluruh daerah di Lhoknga, sedangkan untuk sumur bor tidak memungkinkan dari segi biaya dari masyarakat kecil. Kecamatan Lhoknga memiliki luas kecamatan yaitu sebesar 87,95 Km2 (8,795 Ha) dengan 28 kelurahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memetakan status kekeruhan air pada sumur dangkal (sumur gali) dan menganalisasi perbandingan air menggunakan metode interpolasi Inverse Distance Weighted (IDW) dan Kriging dalam ArcGIS. Metode yang digunakan adalah metode Interpolasi Inverse Distance Weighted (IDW) dan Kriging. Pendekatan yang berbeda dalam interpolasi dapat menghasilkan hasil yang berbeda. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa metode interpolasi IDW lebih akurat dalam mengestimasi nilai yang dekat dengan sampel yang tersedia dibandingkan dengan Kriging. Walaupun demikian Kriging lebih akurat dalam memprediksi nilai dari lokasi yang jauh dari titik sampel. Kata Kunci: Kekeruhan, Interpolasi, Inverse Distance Weighted (IDW), Kriging

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN JARAK SUMUR GALI DENGAN SEPTIC TANK TERHADAP KUALITAS AIR BERSIH SECARA MIKROBIOLOGI DI KECAMATAN MUARA BATU KABUPATEN ACEH UTARA (Suci Amalia, 2017)

DRY HOLE ANALYSIS PADA LAPANGAN PENOBSCOT, NOVA SCOTIA, KANADA DENGAN MENGGUNAKAN DATA SUMUR DAN DATA SEISMIK YANG TERINTEGRASI DENGAN PETROLEUM SYSTEM (Al Muyasir, 2016)

DETEKSI KUALITAS AIR SUMUR MASYARAKAT AKIBAT PENUMPUKAN LIMBAH DI SEKITAR TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR MENGGUNAKAN LASER PHOTO-ACOUSTICS SPECTROSCOPY DI GAMPONG JAWA KECAMATAN KUTARAJA BANDA ACEH (Khairul Abdi Ruslana, 2018)

ANALISIS SALINITAS AIR SUMUR DI DUSUN TEUBAREH, GAMPONG TEUBANG PHUI MESJID, MONTASIK, ACEH BESAR (MUSFIKA, 2015)

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS BERBASIS WEB UNTUK PEMETAAN LOKASI SUMUR BOR DAN KEDALAMAN AKUIFER DI PROVINSI ACEH (Dian Sofyana, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy