//

UJI AKTIVITAS EKSTRAK ETANOL DAUN KERSEN (MUNTINGIA CALABURA L.) TERHADAP PENYEMBUHAN LUKA EKSISI MENCIT HIPERGLIKEMIA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Sindi Hayatun - Personal Name

Abstrak/Catatan

Uji aktivitas ekstrak etanol daun kersen (Muntingia calabura L.) terhadap penyembuhan luka eksisi mencit hiperglikemia telah dilakukan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh ekstrak etanol daun kersen terhadap proses penyembuhan luka pada mencit hiperglikemia. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan rancangan studi berupa Posttest-Only Control Design. Penelitian ini menggunakan mencit (Mus musculus) jantan galur Balb/c sebagai hewan coba sebanyak 15 ekor dengan 3 kelompok perlakuan yaitu kelompok 1 (kontrol), kelompok 2 (hiperglikemia tanpa ekstrak), dan kelompok 3 (hiperglikemia dengan ekstrak). Ekstrak etanol daun kersen diujikan pada luka eksisi diameter 8 mm pada bagian punggung mencit dengan kedalaman subfascia. Pemberian ekstrak dilakukan dengan pengolesan tipis pada luka setiap 2 kali sehari selama 15 hari dan diamati setiap harinya selama masa pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata waktu pembentukan keropeng dan pengelupasan keropeng secara berurutan pada masing-masing kelompok yaitu hari 2,8±1,1 dan 10±1,1 pada kelompok kontrol, hari 3,2±1,1 dan 11±2,4 pada kelompok hiperglikemia tanpa ekstrak dan hari 2±1,2 dan 12,6±2,5 pada kelompok hiperglikemia dengan ekstrak. Rata-rata persentase diameter luka pada hari kelima belas yang terjadi pada masing-masing kelompok secara berurutan yaitu 0%; 15,14% dan 7,95%. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa kelompok 2 memiliki warna luka dan pembengkakan yang lebih buruk dari kelompok 1 dan 3. Hasil statistik menunjukkan bahwa pemberian ekstrak etanol daun kersen tidak menunjukkan efek yang signifikan terhadap penyembuhan luka. Akan tetapi secara umum pemberian ekstrak etanol daun kersen terhadap mencit hiperglikemia dapat mempercepat penyembuhan luka dibandingkan dengan mencit hiperglikemia tanpa ektsrak. Kata kunci: Daun kersen, mencit, luka eksisi, penyembuhan luka, ekstrak etanol daun kersen

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DAUN KERSEN(MUNTINGIA CALABURA L.) TERHADAP KADAR GLUKOSA DARAH DAN STRUKTUR MIKROSKOPIS PANKREAS TIKUS HIPERGLIKEMIK (Nurlena Andalia, 2017)

UJI SITOTOKSIK FRAKSI ETANOL DAUN KERSEN (MUNTINGIA CALABUARA L.) TERHADAP LARVA UDANG ARTEMIA SALINA L. (Suci syahara, 2015)

UJI AKTIVITAS MUKOLITIK EKSTRAK ETANOL DAUN KERSEN (MUNTINGIA CALABURA L.) SECARA IN VITRO (Rizki Hafsyari, 2017)

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DAUN BINAHONG (ANREDERA CORDIFOLIA) TERHADAP PROSES PENYEMBUHAN LUKA INSISI (VULNUS INCISIVUM) PADA MENCIT (MUS MUSCULUS) (INES GUSTI PEBRI, 2017)

UJI AKTIVITAS SEDIAAN GEL EKSTRAK ETANOL DAUN TEKELAN (CHROMOLAENA ODORATA L.) KONSENTRASI 20% (B/B) TERHADAP PENYEMBUHAN LUKA EKSISI PADA MENCIT (MUS MUSCULUS) (ABDUL MANAN, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy