//

ANALISIS KADAR BESI PADA PASIR BESI ASAL DESA LAMPANAH-LEUNGAH DENGAN TEKNIK SPEKTROFOTOMETRI DAN GRAVIMETRI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Uswatun Hasanah - Personal Name

Abstrak/Catatan

Telah dilakukan penelitian tentang analisis kadar besi pada pasir besi asal Desa Lampanah-Leungah dengan teknik spektrofotometri dan gravimetri. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kadar besi pada pasir besi asal Desa Lampanah-Leungah. Sampel pasir besi diambil dari Desa Lampanah-Leungah dengan cara quartering. Destruksi sampel dilakukan dengan asam klorida pekat dan panas dengan perbandingan w/v 1:6 (solid:liquid). Larutan hasil destruksi dianalisis secara spektrofotometri dan gravimetri. Larutan standar besi(III) dan sampel dianalisis pada waktu optimum 40-55 menit setelah pereaksian dengan KSCN, pH 1 dan panjang gelombang 480 nm secara spektrofotometri. Secara gravimetri, sampel diendapkan menggunakan NH4OH dan dipijar pada suhu 800°C selama 1 jam. Hasil penelitian menunjukkan kadar besi yang cukup besar dalam pasir besi yaitu sebesar 39,5800% secara spektrofotometri dengan keakuratan 99,2557% dan 34,8200% secara gravimetri dengan keakuratan 98,8193% dalam tiap gram pasir besi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka penulis menyarankan perlu dilakukan penelitian dan pengembangan lebih lanjut mengenai ekstraksi mineral-mineral magnetik alamiah dari pasir besi asal desa Lampanah-Leungah berbasis nanopartikel untuk meningkatkan nilai ekonomis pasir besi.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KADAR BESI PASIR BESI ASAL DESA LAMPANAH LEUNGAH SECARA SPEKTROFOTOMETRI SERAPAN ATOM (SSA) DAN VOLUMETRI (Mutia Rahmi, 2017)

ANALISIS KADAR BESI DALAM PASIR BESI DI DASAR LAUT DESA LAMPANAH-LEUNGAH, KECAMATAN SEULIMUEM, KABUPATEN ACEH BESAR (ZULKIRAM, 2013)

SINTESIS DAN KARAKTERISASI MINERAL MAGNETIT (FE 3O4 ) DARI PASIR BESI PESISIR PANTAI DESA LAMPANAH LEUNGAH, ACEH BESAR (NURLAILI, 2016)

IDENTIFIKASI SEBARAN PASIR BESI BERDASARKAN NILAI SUSEPTIBILITAS MAGNETIK DIKAWASAN PESISIR DESA LAMREH ACEH BESAR (Mulyana, 2014)

SINTESIS DAN KARAKTERISASI PIGMEN MERAH HEMATIT (α-FE2O3) DARI PASIR BESI LAMPANAH ACEH BESAR (Nurul Fajri, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy