//

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI YANG DIAJARKAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE CONCEPT MAP DAN METODE MIND MAP DI SMAN 7 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2016/2017

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang LENA FARSIA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Farsia, Lena. 2016. Perbandingan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI yang Diajarkan dengan Menggunakan Metode Concept Map dan Metode Mind Map Di SMAN 7 Banda Aceh Tahun Ajaran 2016/2017. Pembimbing : (1) Drs. Abdul Hamid, M.Si., (2) Drs. Agus Wahyuni, M.Pd Kata kunci : Hasil Belajar, Metode Concept Map, Metode Mind Map Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar fisika siswa kelas XI yang diajarkan menggunakan metode concept map dan metode mind map. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 7 Banda Aceh pada Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pengujian hipotesis yaitu uji t. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMAN 7 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 6 kelas. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 64 siswa yang terdiri dari 30 siswa kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan menggunakan metode mind map dan 34 siswa kelas XI MIA 4 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan menggunakan metode concept map. Pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata hasil belajar 76,2 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata hasil belajar 68,58. Pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung=3,02 sedangkan ttabel=1,67 yang berarti dalam penelitian ini Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas XI MIA 1 yang diajarkan menggunakan metode mind map lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar fisika siswa kelas XI MIA 4 yang diajarkan menggunakan metode concept map.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL MIND MAPPING BERBASIS MEDIA MINDJET MINDMANAGER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ANALIS VEKTOR UNTUK GERAK DI SMAN.12 BANDA ACEH (Adhisty Radina, 2016)

PENERAPAN METODE MIND MAPPING PADA MATERI ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 8 BANDA ACEH (Maulidar, 2018)

ANALISIS HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN FISIKA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 5 BANDA ACEH (Fuzna Rahmi, 2016)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA MTSN RUKOH RNYANG DIAJARKAN MENGGUNAKAN MEDIA KOMIK RNDENGAN MEDIA HANDOUT (Inggrid Kartika Ginarsih, 2015)

PENGARUH PENGGUNAAN ALAT LABORATORIUM FISIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 8 BANDA ACEH PADA POKOK BAHASAN PENGUKURAN (Mestika Anggun Kencana, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy