//

KANDUNGAN KARBON DI ATAS DAN BAWAH PERMUKAAN TANAH PADA HUTAN MANGROVE PULAU TELAGA TUJUH KECAMATAN LANGSA BARAT

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rusdi - Personal Name
SubjectMANGROVES
CARBON
SOIL SURVEYS
Bahasa Indonesia
Fakultas Prog. Magister Konservasi Sumberdaya Lahan
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan karbon di atas dan bawah permukaan tanah pada Hutan Mangrove Pulau Telaga Tujuh dengan menggunakan Plot Lingkaran Model Linier yang dibuat tegak lurus bentang garis pantai dengan sub-plot sepanjang garis transek dengan jarak interval 25 m. Setiap subplot diukur biomassa pohon berdiri dan kayu mati di lantai hutan mangrove. Terdapat empat jenis mangrove di Pulau Telaga Tujuh yaitu : Rhizophora mucronata Rhizophora apiculata, Rhizophora stylosa, dan Bruguiera gymnorrhiza. Pengukuran biomassa mangrove menggunakan metode destruktif (langsung) dan non destruktif (tidak langsung), persamaan allometrik untuk menduga kandungan biomassa bagian atas (above ground biomass) adalah Wtop = 0,251.p.D2,46. Adapun persamaan allometrik untuk menduga kandungan biomassa bagian bawah tanah (below ground biomass) adalah Wr = 0,199.p. 0,899D2,22, dengan melakukan pengukuran diameter pohon dan juga pengambilan sampel tanah pada kedalaman 0 - 15 cm, 15 - 30 cm, 30 - 50 cm, 50 – 100 cm dan > 100 cm. Potensi biomassa tegakan pada ekosistem mangrove sebesar 41,36 Mg ha-1 dengan kandungan karbon 19,44 Mg ha-1, Nekromassa pohon mati dan kayu rebah sebesar 2,36 Mg ha-1. Simpanan karbon pada tanah sebesar 126,04 Mg ha-1. Adapun total stok karbon (biomassa batang, akar, pohon mati, kayu mati, kayu rebah dan karbon tanah) pada kawasan hutan mangrove Pulau Telaga Tujuh adalah 148,04 Mg ha-1. Kata kunci : kandungan karbon, persamaan allometrik, hutan mangrove

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DUGAAN SERAPAN KARBON PADA VEGETASI MANGROVE DI KAWASAN MANGROVE GAMPONG IBOIH, KECAMATAN SUKAKARYA, KOTA SABANG (Meivi Iswandar, 2017)

ANALISIS PENYIMPANAN BIOMASSA KARBON PADA BERBAGAI PENGGUNAAN LAHAN DI KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR (Rosmalia, 2015)

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP EKOSISTEM HUTAN MANGROVE DI KAWASAN KUALA LANGSA, KECAMATAN LANGSA BARAT KOTA LANGSA. (Laksmi Puja Sukma, 2018)

KAJIAN FRAKSIONASI FOSFOR (P) PADA BEBERAPA POLA PENGGUNAAN LAHAN KERING ULTISOL DI DESA JALIN JANTHO ACEH BESAR (DUANA ERISA, 2018)

PRODUKSI SERASAH HUTAN MANGROVE DI KUALA LANGSA, KECAMATAN LANGSA BARAT, KOTA LANGSA (Ridha Hafizi, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy