//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA KONSEP PENCEMARAN DAN KERUSAKAN LINGKUNGAN DI SMPN 8 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Zaitun Umara - Personal Name

Abstrak/Catatan

Cut Zaitun Umara. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Konsep Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan di SMPN 8 Banda Aceh. (Tesis). Pembimbing I, Dr. Cut Nurmaliah, M. Pd. Pembimbing II, Dr. Khairil, M. Si. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa SMPN 8 Banda Aceh pada konsep pencemaran dan kerusakan lingkungan setelah diterapkan model pembelajaran berbasis proyek dan (2) mengetahui peningkatan keterampilan proses sains siswa SMPN 8 Banda Aceh pada konsep pencemaran dan kerusakan lingkungan setelah diterapkan model pembelajaran berbasis proyek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan pretest-posttest control group. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMPN 8 Banda Aceh yang terdiri dari 5 kelas dan berjumlah 130 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Jumlah siswa yang dijadikan sampel sebanyak 44 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 sebagai kelas kontrol sebanyak 22 siswa dan siswa kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen sebanyak 22 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar, soal essay untuk mengukur keterampilan proses sains, silabus, RPP, LKPD, dan rubrik penilaian kerja berbasis KPS. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mencari nilai gain post-test dan pre-test dan t-test untuk membandingkan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data dianalisis menggunakan t-test untuk dua sampel kecil yang satu sama lain tidak ada hubungannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan nilai rata-rata hasil belajar kelas pembelajaran berbasis proyek adalah 54,67 (tinggi) dan kelas konvensional adalah 26,42 (sedang). Hasil t-test diperoleh nilai thitung sebesar 7,787 dan ttabel adalah 2,021, sehingga thitung > dari ttabel. Peningkatan nilai rata-rata keterampilan proses sains siswa kelas pembelajaran berbasis proyek adalah 51,86 (tinggi) dan kelas konvensional adalah 38,02 (sedang). Hasil t-test diperoleh nilai thitung sebesar 2,680 dan nilai ttabel sebesar 2,021, sehingga thitung > dari ttabel. Kesimpulan yang diperoleh adalah (1) penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada konsep pencemaran dan kerusakan lingkungan dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMPN 8 Banda Aceh adan (2) penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada konsep pencemaran dan kerusakan lingkungan dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa SMPN 8 Banda Aceh. Kata kunci: Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Hasil Belajar, Keterampilan Proses sains, Konsep Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH MODEL SCIENCE, TECHNOLOGY, SOCIETY, ENVIRONMENT BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP KETERAMPILANBERPIKIR KRITIS, KETERAMPILAN PROSES SAINS , DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI MAS JEUMALA ‘AMAL (Novi Marliani, 2017)

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA MAN MODEL BANDA ACEH (fatemah rosma, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS PRAKTIKUM PADA MATERI SISTEM EKSKRESI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA NEGERI 1 INDRAPURI ACEH BESAR (Nafisah Hanim, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS LINGKUNGAN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI KOMPONEN EKOSISTEM DI SMK KESEHATAN ASSYIFA SCHOOL BANDA ACEH (Erlina, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI CAHAYA KELAS VIII DI SMPN 1 DARUSSALAM ACEH BESAR (Lita Amalia, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy