//

ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PADA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR DI KELAS VIII7 MTSN RUKOH DARUSSALAM TAHUN 2016

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Imam Muslim - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata Kunci: Analisis Kesulitan Siswa, Operasi Hitung bentuk Aljabar Analisis adalah proses merangkum sejumlah besar data yang masih mentah menjadi informasi yang dapat diinterpretasikan. Operasi hitung bentuk aljabar merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan kepada siswa kelas VIII7 MTSN Rukoh Darussalam sesuai dengan pedoman pendidikan yang ada di Indonesia. Namun, pada kenyataannya, banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi operasi hitung bentuk aljabar, mereka masih cenderung menghafal dalam mengusai materi tanpa memahaminya. Mengingat hal tersebut, penulis melakukan penelitian dengan judul : Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Pada Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar Kelas VIII7 MTSN Rukoh Darussalam Tahun 2016. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan siswa di kelas VIII7 MTSN Rukoh Darussalam Tahun 2016. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan yang dialami siswa dalam memahami operasi hitung bentuk aljabar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII7 MTSN Rukoh Darussalam Tahun 2016. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes penguasaan materi operasi hitung bentuk aljabar berbentuk essay sebanyak 8 soal, setelah dilakukannya tes disertai dengan mewawancarai siswa sebanyak 3 orang, yaitu kategori yang mengalami sangat sulit, sedang, dan kategori tidak sulit. Kesulitan yang dialami oleh siswa berbagai macam, baik itu melalui kesulitan konsep, kesulitan keterampilan, maupun kesulitan dalam segi pemecahan masalah. Selain data hasil tes yang bervariasi jawabannya, data penelitian juga diperkuat dengan hasil wawancara untuk melihat faktor kesulitan siswa. Pada penelitian ini, siswa masih mengalami kesulitan konsep dalam kategori sulit, sedangkan kesulitan keterampilan masuk dalam kategori sedang. Kesulitan pemecahan tidak diperoleh hasil karena tidak ada soal yang di tes tentang soal pemecahan masalah.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DIAGNOSIS KESULITAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATERI ALJABAR DI KELAS VIII SMPN 1 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (Putri Inda Sari, 2016)

ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL OPERASI HITUNG PADA BILANGAN PECAHAN KELAS VII SMP INSHAFUDDIN BANDA ACEH ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL OPERASI HITUNG PADA BILANGAN PECAHAN KELAS VII SMP INSHAFUDDIN BANDA ACEH (Nurul Amalia, 2015)

ANALISIS KESULITAN SISWA KELAS VII PADA MATERI BENTUK ALJABAR DI MTSN 2 BANDA ACEH (Meny Rani, 2016)

ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL EVALUASI MATEMATIKA SEMESTER II KELAS VRNSD NEGERI 8 BANDA ACEH (fajarina, 2015)

KESULITAN SISWA PADA MATERI KOMPOSISI FUNGSI DAN FUNGSI INVERS DI KELAS XII SMA NEGERI 1 DARUSSALAM (FAJAR SRI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy