//

ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA PADA RUNNING TEKS DI TVONE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurul Akmalia - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini berjudul “Analisis Kesalahan Penggunaan Bahasa Indonesia pada Running Teks di TvOne”. Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimana tata penulisan bahasa Indonesia pada running teks di TvOne dalam acara berita siang, (2) bagaimana penggunaaan diksi pada running teks di TvOne dalam acara berita siang. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tata penulisan bahasa Indonesia pada running teks di TvOne dalam acara berita siang dan mendeskripsikan penggunaan diksi pada running teks di TvOne dalam acara berita siang. Sumber data penelitian ini adalah running teks (teks berjalan) yang terdapat di TvOne dalam acara berita siang. Sumber data tersebut berjumlah 81 data yang diambil pada bulan Juni sampai dengan Agustus 2014. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis dokumentasi. Selanjutnya, data dianalisis dengan langkah mengumpulkan data kesalahan, mengklasifikasikan data, menganalisis data, dan mengevaluasi data. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada 9 jenis kesalahan yang terdapat pada running teks di TvOne dalam acara berita siang, yaitu (a) kesalahan EYD, antara lain, (1) pemakaian huruf miring berjumlah 5 (8,06%), (2) singkatan berjumlah 2 (3,22%), (3) Penulisan kata depan di berjumlah 1 (1,61%), (4) Pemakaian tanda baca tanda titik (.) berjumlah 1 (1,61%), (5) tanda titik dua berjumlah 3 (4,83%), (6) tanda garis miring berjumlah 2 (3,22%), dan (7) tanda kurung siku berjumlah 1 (1,61%); (b) kesalahan diksi, antara lain, (8) penghilangan afiks berjumlah 46 (74,1%), dan (9) kata atau kelompok kata yang digunakan tidak sesuai dengan maksud yang diinginkan berjumlah 1 (1,61%). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, kesalahan penggunaan bahasa Indonesia pada running teks di TvOne yang dominan muncul adalah aspek kesalahan penghilangan afiks berjumlah 46 kesalahan persentasenya yaitu 74,1% dari kesalahan-kesalahan dalam data tersebut. Kata Kunci: Analisis, Kesalahan, Running Teks

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KESALAHAN EJAAN DALAM BUKU BAHASA INDONESIA: KE ARAH MEMAHAMI KAIDAH DAN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH PADA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI AR-RANIRY BANDA ACEH (wardah hayati, 2018)

ANALISIS KESALAHAN PENULISAN BAHASA INDONESIA PADA KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA PROGRAM STUDI DIII KEBIDANAN STIKES U'BUDIYAH BANDA ACEH (Faizal Rahmat, 2014)

PEMAKAIAN BAHASA DALAM SIARAN BERITA HABA UROE NYOE DI ACEH TV (Kaswanti, 2017)

ANALISIS KESALAHAN EYD PADA WEBSITE MAKHAMAH SYARIAH, KEMENTERIAN AGAMA DAN SEURAMOE INFORMASI ACEH (Anita Afriani, 2013)

ANALISIS KESALAHAN EJAAN DALAM SURAT DINAS PADA KANTOR WALI KOTA SUBULUSSALAM (Hayati Kombih, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy