//

ANALISIS INDEKS VEGETASI UNTUK PENDUGAAN CADANGAN KARBON PADA TEGAKAN DI HUTAN PRODUKSI KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang JHON PANDAPOTAN SITUMORANG - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Pendugaan cadangan karbon hutan dapat dilakukan dengan menggabungkan metode survey lapangan dan data penginderaan jauh. Indeks vegetasi merupakan salah cara yang digunakan dalam penilaian vegetasi dan pendugaan cadangan karbon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebaran indeks vegetasi untuk pendugaan cadangan karbon tegakan hutan produksi di wilayah Kecamatan Lembah Seulawah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode non destruktif dengan menggunakan persamaan allometrik dan metode skala lanskap, dimana cadangan karbon pada titik sampel dikorelasikan dengan nilai indeks dari masing-masing tranformasi indeks vegetasi. Berdasarkan hasil analisis, nilai EVI pada lokasi penelitian bernilai antara 0,05 s.d. 0,93 dan nilai NDVI antara 0,17 s.d. 0,85. Berdasarkan hasil analisis regresi antara EVI dengan nilai karbon pada lokasi sampel diperoleh persamaan y = 151,7x-39,76, dengan nilai koefisien determinasi (R2) yaitu sebesar 0,83. Dari hasil perhitungan didapat hasil, total cadangan karbon pada pada hutan produksi di Kecamatan Lembah Seulawah dengan menggunakan EVI adalah 790.344,41 ton, dan nilai karbon rata-rata per ha diketahui sebesar 51,48 ton/ha. Dan Berdasarkan hasil analisis regresi antara NDVI dengan nilai karbon pada lokasi sampel diperoleh persamaan y = 204,3x-102,1 dengan nilai koefisien determinasi (R2), yaitu sebesar 0,728. Nilai Karbon yang didapatkan dengan persamaan ini sebesar 711.061,81 ton, dan nilai karbon rata-rata untuk per ha diketahui sebesar 46,32 ton/ha. Kata Kunci : Indeks Vegetasi, Hutan, Hutan Produksi, Biomassa, Karbon, NDVI, EVI

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENDUGAAN CADANGAN KARBON TAMAN HUTAN RAYA POCUT MEURAH INTAN PROVINSI ACEH (Ismed Ramadhan, 2014)

KEANEKARAGAMAN DAN KESAMAAN INSEKTA NOKTURNAL DI TAMAN HUTAN RAYA POCUT MEURAH INTAN KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR (T. Ryan Bentara, 2016)

ANALISIS PENGGUNAAN LAHAN EKSISTING BERDASARKAN RENCANA TATA RUANG DI KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR (Akbar Maulana, 2018)

ANALISIS PRODUKSI DAN PEMASARAN BENGKUANG DI DESA BLANG LAMBARO KECAMATAN ACEH BESAR (cut mutia, 2013)

IDENTIFIKASI TUMBUHAN PELETAKAN KEPOMPONG KUPU-KUPU (LEPIDOPTERA) DI KOMPLEK TAMAN HUTAN RAYA POCUT MEURAH INTAN KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR. (Rahmad Fajri, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy