//

PERENCANAAN EKO-DRAINASE DI KAWASAN GAMPONG KEURAMAT KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUNZIRWAN HABIBI - Personal Name
SubjectWATER SUPPLY - ENGINEERING
DRAINASE - ENGINEERING
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Teknik Sipil
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

PERENCANAAN EKO-DRAINASE DI KAWASAN GAMPONG KEURAMAT KOTA BANDA ACEH Oleh Munzirwan Habibi NIM. 1309200060042 Komisi Pembimbing : 1. Dr. Ir. Eldina Fatimah, M.Sc 2. Dr. Azmeri, ST. MT ABSTRAK Secara umum di kawasan Gampong Keuramat masih menggunakan konsep drainase konvensional. Seiring dengan pesatnya pembangunan yang terjadi di Kota Banda Aceh khususnya kawasan Gampong Keuramat pasca Tsunami 2004, mengakibatkan semakin berkurangnya lahan kosong yang bisa digunakan untuk meresapkan air ke dalam tanah. Hal ini menyebabkan terganggunya sistem tata air dan berpengaruh terhadap pengendalian banjir perkotaan. Menyangkut dengan permasalahan tersebut diperlukan pengendalian debit puncak melalui upaya-upaya struktural dan penerapan drainase berwawasan lingkungan (eko-drainase). Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan analisis debit aliran (Qpasca) sistem drainase dengan menggunakan konsep sistem eko-drainase dan merumuskan strategi untuk menerapkan konsep sistem eko-drainase dengan menggunakan analisis SWOT. Metode pengumpulan data yaitu menggunakan data sekunder dan data primer. Data diolah secara statistik diskriptif dan analisis SWOT. Dari hasil observasi, kondisi eksisting kondisi jalan dan saluran di Gampoeng Kueramat perlu dipelihara dan ditingkatkan. Hasil perhitungan menunjukkan, pada zona pelayanan I s.d V terjadi pengurangan debit rata-rata sebesar 48,948%, 58,412%, 43,468%, 72,034%, dan 72,919%. Hasil analisis SWOT diperoleh strategi-strategi yaitu (1) memanfaatkan dukungan masyarakat dalam upaya mengatasi permasalahan drainase seperti genangan dengan perencanaan drainase berkelanjutan atau eko-drainase, (2) meyakinkan Pemerintah Daerah agar dapat mendukung program/kegiatan eko-drainase dengan pengalokasian dana yang sesuai tepat sasaran untuk mengatasi permasalahan-permasalahan banjir, menjaga kelangsungan air dan saluran drainase di Gampoeng Keuramat, (3) memanfaatkan dukungan masyarakat dalam pemanfaatan lahan untuk membuat sumur resapan dan memperbanyak lahan resapan di lingkungan penduduk, dan (4) melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk merubah paradigma dalam mengatasi banjir dari usaha menjauhkan air dari pemukiman dengan berusaha menyimpan air selama mungkin dan memanfaatkan air sebanyak mungkin yang disebut dengan konsep “eko-drainase”. Kata kunci: Eko-Drainase, Sumur resapan, SWOT, Gampong Keuramat

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EVALUASI PENGELOLAAN DAN PEMELIHARAAN DRAINASE KOTA BANDA ACEH SECARA TERPADU(STUDI KASUS GAMPONG KEURAMAT DAN GAMPONG LAKSANA,KECAMATAN KUTA ALAM, BANDA ACEH) (Yuswar, 2015)

KAJIAN KONDISI INFRASTRUKTUR DRAINASE PASCA 10 TAHUN TSUNAMI STUDI KASUS DI GAMPONG LAMPULO DAN GAMPONG KAJHU (Heri Syahputra, 2016)

STUDI EKSISTING SALURAN DRAINASE DI GAMPONG JEULINGKE KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH (Mujiburrahman, 2018)

STUDI EKSISTING SALURAN DRAINASE DI KAWASAN JALAN HASAN SALEH GAMPONG NEUSU ACEH KOTA BANDA ACEH (T. Reyfaldi Yuanda, 2017)

KAJIAN DIMENSI SALURAN DRAINASE DI KAWASAN RUANG KULIAH UMUM (RKU) UNIVERSITAS SYIAH KUALA (FITRIA TSABITA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy