//

IDENTIFIKASI STRUKTUR KRISTAL PADA GIOK ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Nunun Badriannisa - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian identifikasi struktur kristal pada giok Aceh telah dilakukan. Pada penelitian ini, telah di uji 5 sampel giok yang terdiri dari idocrase, black jade, dan 3 bongkahan nephrite yang berasal dari Nagan Raya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menentukan senyawa, ukuran kristal, morfologi permukaan, persentase unsur dan kekerasan pada giok Aceh. Pada penelitian ini sampel diolah dalam bentuk padatan dan serbuk, serta diberi label nama sesuai abjad. Penentuan senyawa dan ukuran kristal pada sampel ini dilakukan dengan melakukan pengujian X-Ray Diffraction (XRD), morfologi permukaan dan persentase unsur dilakukan menggunakan pengujian Scanning Electron Microscope - Energy Dispersive Spectroscopy (SEM-EDS) dan penentuan kekerasan dilakukan dengan pengujian kekerasan Vickers. Hasil karakterisasi menunjukkan bahwa kelima sampel giok Aceh merupakan jenis nephrite dengan kandungan senyawa utama SiO2, CaO, dan FeO, dimana ukuran kristal sampel giok Aceh yang dihasilkan yaitu dalam skala nanokristalin. Karakterisasi permukaan sampel yang dihasilkan yaitu seperti serat yang meliliki arah acak. Jenis persenyawaan black jade diketahui mendekati nephrite actinolite, sedangkan sampel idocrase dan nephrite mendekati nephrite tremolite. Kekerasan terbesar pada sampel nephrite (B) yaitu sebesar 221.1058 kg/mm2 dan kekerasan yang terkecil adalah sampel idocrase yaitu sebesar 109.5227 kg/mm2. Berdasarkan hasil identifikasi menunjukkan bahwa persentase unsur giok Aceh tidak sama persis dengan database minerology nephrite yang tersedia, namun mendekati database tersebut. Kata kunci: Giok, ukuran kristal, SEM-EDS, marfologi permukaan, kekerasan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IDENTIFIKASI STRUKTUR KRISTAL PADA GIOK ACEH (Cut Nunun Badriannisa, 2016)

IDENTIFIKASI MINERAL DAN KARAKTERISTIK BATU GIOK ACEH (Akmal Nizar, 2016)

SINTESIS DAN KARAKTERISASI MINERAL MAGNETIT (FE 3O4 ) DARI PASIR BESI PESISIR PANTAI DESA LAMPANAH LEUNGAH, ACEH BESAR (NURLAILI, 2016)

ANALISIS PENDAPATAN PENGUSAHA BATU GIOK DI KECAMATAN BANDA RAYA KOTA BANDA ACEH (Razi Ryandra, 2015)

PENGARUH VARIASI HOLDING TIME TERHADAP STRUKTUR KRISTAL PADA SINTESA BA0.9SR0.1TIO3 (BST) DENGAN METODE SOLID STATE REACTION (Nur Amalia, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy