//

PROFIL PEDAGANG MAKANAN KAKI LIMA DI SEKITAR PELABUHAN ULEE LHEUE KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang CINTIA MAHARANI PUTRI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata Kunci: Profil Pedagang Ulee Lheue Perubahan struktur kehidupan manusia akan mempengaruhi kelangsungan hidup masyarakat. Begitu juga PKL agar memperoleh pendapatan/ penghasilan untuk keperluan pengeluaran kebutuhan rumah tangga, penelitian ini berupaya mengungkap kelompok pengangguran yang dilihat berdasarkan jam kerja, tingkat kontribusi pendapatan dan besar pendapatan yang digunakan untuk konsumsi,tabungan dan investasi. Secara khusus penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui apakah pedagang kaki lima di sekitar Pelabuhan Ulee Lheue Kota Banda Aceh termasuk dalam kelompok pengangguran, (2) kontribusi pendapatan terhadap kebutuhan rumah tangga, dan (3) besar bagian pendapatan yang dialokasikan untuk konsumsi, tabungan dan investasi. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, lokasi penelitian ini dilakukan disekitar Pelabuhan Ulee Lheue Kota Banda Aceh. Subjek dalam penelitian ini merupakan pedagang makanan kaki lima di sekitar pelabuhan Ulee Lheue Kota Banda Aceh, sedangkan objeknya adalah pendapatan pedagang penjual makanan kaki lima dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah penelitian kepustakaan, penelitian lapangan yang berupa teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.Adapun teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus hubungan pendapatan disposibel dan tabungan/investasi “S = Y – C” dan rumus persentase dalam mengetahui pengaruh besar pendapatan terhadap konsumsi, tabungan dan investasi.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak semuapedagang kaki lima di sekitar Pelabuhan Ulee Lheue Kota Banda Aceh termasuk kedalam kelompok pengangguran, dari 26 narasumber yang diwawancarai hanya 9 narasumber yang termasuk kedalam kelompok pengangguran (setengah menganggur). Kontribusi pendapatan sampingan para pedagang berpengaruh besar terhadap pemenuhan kebutuhan rumah tangga yang mencapai hingga 53% dan dilihat secara rata-rata 35% dapat membantu kebutuhan rumah tangga. Besar pendapatan yang dipergunakan untuk konsumsi dan tabungan bernilai positif dengan persentase hubungan sebesar 74% dan 26%, namun hanya 6 orang yang melakukan investasi dikarenakan yang lain masih terfokus kepada produk penjualan utamanya.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERSEPSI PENGGUNA SERTA FAKTOR-FAKTOR PENGEMBANGAN SARANA DAN PRASARANA PELABUHAN PENYEBERANGAN ULEE LHEUE (rio oktaparizki, 2017)

DAMPAK PENGEMBANGAN OBJEK WISATA PANTAI ULEE LHEUE TERHADAP KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT ( STUDI KASUS DI DESA ULEE LHEUE KECAMATAN MEURAXA KOTA BANDA ACEH ) (M.Adi Kusuma Rayesh, 2013)

ANALISIS PENDAPATAN PEDAGANG DIKAWASAN RNPANTAI ULEE LHEUE KECAMATAN MEURAXARNKOTA BANDA ACEH (Erni Fitriyanti, 2014)

PROFIL PEDAGANG KAKI LIMA DI PASAR LHOKSUKON, ACEH UTARA (Meri Thahara, 2016)

KONDISI SOSIAL EKONOMI PEDAGANG KAKI LIMA ILEGAL DI BANDA ACEH (Cildina mutiara, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy