//

PERAN GANDA ISTRI NELAYAN GAMPONG LAMPULO KECAMATAN KUTA ALAM BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Lidya Laraswati D.Iskandar - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Lidya, Laraswati D.Iskandar. 2016. Peran Ganda Istri Nelayan Gampong Lampulo Kecamatan Kuta Alam Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. TM Jamil, M.Si. (2) Nana Suraiya, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Peran, Ganda, Istri, Nelayan, Gampong Lampulo. Penelitian ini berupaya mengungkapkan peran ganda istri nelayan di Gampong Lampulo Kecamatan Kuta Alam Banda Aceh. Secara khusus penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) bagaimana peran ganda istri nelayan Gampong Lampulo Kecamatan Kuta Alam Banda Aceh dan (2) dampak istri yang melakukan peran ganda terhadap kesejahteraan keluarga nelayan di Gampong Lampulo Kecamatan Kuta Alam Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data penelitian ini bersumber dari data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara langsung dengan istri nelayan di lokasi penelitian, yaitu di Gampong Lampulo Kecamatan Kuta Alam Banda Aceh. Sedangkan data sekunder diperoleh dari instansi-instansi terkait, seperti Kantor Camat Kuta Alam dan Kantor Keuchik Lampulo. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Agar data hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi dapat terpercaya, peneliti menggunakan alat bantu perekam dan camera. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dikemukakan sebagai berikut. Pertama, adanya peran ganda yang dilakukan oleh istri nelayan Gampong Lampulo Kecamatan Kuta Alam Banda Aceh adalah usaha industri rumah tangga, mengajar anak-anak mengaji, jemur ikan, usaha ikan keumamah dan ikan asin, pencari dan jual tirom, potongpotong ikan untuk buat bakso, dan bedagang kelontong. dan Kedua, adanya dampak positif dan dampak negatif istri yang melakukan peran ganda terhadap kesejahteraan keluarga nelayan di Gampong Lampulo Kecamatan Kuta Alam Banda Aceh. Dampak positifnya adalah dengan adanya bantuan pendapatan dari para istri sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan keluarga mereka. Sementara itu, dampak negatifnya yang mempengaruhi kesejahteraan keluarga nelayan berkurang diakibatkan karena para istri nelayan yang melakukan peran ganda kesulitan membagikan waktu antara peranan di dalam rumah dengan pekerjaan di luar rumah, sehingga para istri nelayan di Gampong Lampulo harus lebih fokus dalam mengatur waktu agar peran yang disandangnya dapat dilaksanakan dengan baik.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STRATEGI NELAYAN DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN RUMAH TANGGA (STUDI KASUS NELAYAN DESA LAMPULO KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH) (Ainul Mardhiah , 2016)

STATUS KONSERVASI JENIS IKAN HIU YANG DIPERJUALBELIKAN DI TPI LAMPULO DAN PASAR PEUNAYONG KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH (HAZIA AWANIS, 2015)

DAMPAK KUNJUNGAN WISATAWAN TERHADAP MASYARAKAT LAMPULO BANDA ACEH (WIDYA MAULINA, 2018)

POLA KONSUMSI MASYARAKAT NELAYAN DESA LAMPULO KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH (Jamaluddin, 2013)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA NELAYAN ( DI PASIE LHOK KEMBANG TANJONG) (Zarra Farisha, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy