//

PENGGUNAAN MEDIA CAMTASIA STUDIO BERBANTUAN HANDOUT DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA KONSEP SISTEM EKSKRESI DI SMA NEGERI 12 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang DEWI MUTIA MAIDANI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Dewi Mutia Maidani, Judul: Penggunaan Media Camtasia Studio Berbantuan Handout dan Keterampilan Proses Sains Siswa Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Konsep Sistem Ekskresi di SMA Negeri 12 Banda Aceh. Pembimbing I: Dr. Khairil, M.Si., Pembimbing II: Dr. Hafnati Rahmatan, M.Si. ABSTRAKS Media Camtasia Studio Berbantuan Handout merupakan salah satu sumber belajar yang dapat digunakan oleh siswa sebagai pengganti buku ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dan keterampilan proses sains siswa antara siswa yang memanfaatkan media camtasia studio berbantuan handout dengan pembelajaran konvensional pada materi sistem ekskresi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang dilaksanakan pada SMA Negeri 12 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2014/2015. Populasi penelitian adalah 40 siswa, yakni siswa kelas XI IPA 2 sebanyak 20 siswa dan XI IPA 3 sebanyak 20 siswa. Sampel penelitian adalah keseluruhan dari populasi yakni 20 siswa kelas eksperimen dan 20 siswa kelas kontrol. Pengumpulan data hasil belajar melalui soal tes hasil belajar pada saat pretest dan postest, dan keterampilan proses sains melalui lembar observasi, dan respon siswa menggunakan angket. Data N-Gain hasil belajar siswa dianalisis dengan uji independent sample t-test dan uji kolmogorov-Smirnov. Hasil Penelitian pemahaman konsep siswa berbeda secara signifikan antara siswa yang diajarkan dengan memanfaatkkan media camtasia studio berbantuan handout dengan siswa yang diajarkan secara konvensional dengan nilai p = 0.000 < 0.05, keterampilan proses sains persentase rata-rata tahapan lebih meningkat dibandingkan siswa yang diajarkan secara konvensional, dan tidak berbeda signifikan dengan nilai p = 0.000 < 0.05, respon siswa terhadap pemanfaatan media camtasia ini sangat positif/ menarik. Hasil penelitian disimpulkan terdapat perbedaaan secara signifikan pemahaman konsep siswa, keterampilan proses sains dan respon siswa yang memanfaatkan media camtasia studio berbantuan handout sebagai sumber belajar dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional pada materi sistem ekskresi. Kata Kunci: Media Camtasia Studio, Handout, Sistem Ekskresi, Pemahaman Konsep, Keterampilan Proses Sain Siswa

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN DIRECT INSTRUCTIONS BERBANTUAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN (Rosmalina, 2016)

PEMANFAATAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI MTSN RUKOH KOTA BANDA ACEH (Wahyu Rizki, 2017)

PENGARUH PENERAPAN MODEL CONCEPT ATTAINMENT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP, KETERAMPILAN PROSES SAINS, DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI METABOLISME (Nazar Muhammad, 2014)

PENGEMBANGAN HANDOUT PEMBELAJARAN EMBRIOLOGI BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATA KULIAH PERKEMBANGAN HEWAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEPRNDAN RETENSI MAHASISWA DI UNIVERSITASRNMUHAMMADIYAH BANDA ACEH (RUFA HERA, 2015)

PENGARUH MODEL SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN FISIKA KELAS VIII SMP NEGERI 10 BANDA ACEH (EMI KURNIAWAN, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy